Kantor Imigrasi Karawang Tak Keluarkan Visa untuk 4 Negara Ini

Kasus virus corona yang tengah menjadi perhatian pemerintah baik pusat maupun daerah kini berdampak

tribunjabar/nandri prilatama
Kantor Imigrasi Karawang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Kasus virus corona yang tengah menjadi perhatian pemerintah baik pusat maupun daerah kini berdampak pada liburnya sejumlah perkantoran pemerintahan hingga tempat wisata, dengan tetap tak mengganggu pelayanan masyarakat.

Humas Kantor Imigrasi Karawang, Yuningsih mengatakan keimigrasian mengeluarkan aturan dalam menindaklanjuti adanya kasus corona, yakni dari Permenkumham nomor 7 tahun 2020.

Berdasarkan Permenkumham nomor 7 tahun 2020 ini, Yuningsih menyebut pihaknya menghentikan sementara pemberian visa bagi warga negara asing Tiongkok (RRC), karena adanya penghentian dari kedutaan dan Dirjen Imigrasi.

"Jika pemda lakukan lockdown ya kami hanya bisa ikuti, sebab lockdown tak bisa dilakukan secara parsial melainkan terpusat dan bukan domain kami. Dan kami dahulukan protokol kesehatan dalam pelaksanaan SOP," katanya di kantornya, Rabu (18/3/2020).

Kasus Infeksi Virus Corona di Korea Menurun Setelah Sejumlah Konser dan Pertandingan Dibatalkan

Yuningsih juga menjelaskan tenaga kerja asing yang memiliki izin tinggal tak ada masalah ketika tinggal di Indonesia dan dipersilakan berkegiatan di wilayah kerjanya, namun tetap mengikuti anjuran arahan pemda.

"Pokoknya jaga diri sendiri dan orang lain berlaku bukan hanya WNI tapi WNA juga. Kalau izinnya habis mereka bisa perpanjang. Tapi, jika lewati masa izin tinggal, kami pun menunggu kebijakan dari pusat karena sampai sekarang baru untuk WNA Cina, sedangkan negara lain masih dikaji," katanya.

Ketika disinggung terkait WNA yang lakukan perpanjangan izin tinggal, Yuningsih menyebut masih dalam situasi normal sesuai jangka waktu meskipun memang adanya kenaikan.

Perjalanan Nabi Muhammad ke Sidratul Muntaha, Perintah untuk Salat hingga Kumpulan Kata-kata Ucapan

"WNA yang datang ke Karawang memang ingin bekerja jadi jangka waktunya jelas, kecuali jika hanya sekedar berwisata," ujarnya seraya menyebut Kantor Imigrasi Karawang juga meliputi wilayah Kabupaten Purwakarta.

Saat ini, Kantor Imigrasi Karawang masih mendapat arahan untuk tolak keluarkan visa bagi warga negara asing asal RRC, Korea Selatan, Iran, dan Italia

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved