Ketua DPRD Jabar Ingatkan Tentang Covid-19 dalam Workhsop DPRD

Ketua DPRD Jabar ingatkan tentang Covid-19 dalam workhsop DPRD yang digelar hari ini.

Istimewa
Berfoto bersama di Mason Pine. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Brigjen TNI (purn) Taufik Hidayat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Workhsop DPRD Provinsi Jawa Barat bertajuk “Pengamalan Nilai Empat Konsensus Dasar Kebangsaan dalam Pelaksanaan Fungsi DPRD,” di Mason Pine Hotel, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (17/3/2020).

Turut hadir pimpinan dan para Anggota DPRD Jabar, Sekda Jabar, Kabinda Jabar, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabidan Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (Unisba), Sekretaris beserta para pejabat struktural DPRD Jabar, dan para narasumber.  

Dalam sambutannya, Taufik mengapresiasi terlaksananya kegiatan workshop yang digelar atas kerja sama DPRD Jabar dan LPPM Universitas Islam Bandung (Unisba) tersebut. 

“Saya berharap kegiatan ini mampu memberikan pencerahan dan pemahaman yang lebih baik dalam berbangsa dan bernegara khususnya bagi para birokrat Jawa Barat,” kata Taufik dalam sambutannya.

Menurut Taufik, Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada konstelasi ekonomi dan politik global yang tidak menentu. 

“Itu ditandai dengan perang dagang antar Amerika Serikat dan Tiongkok sebagai dua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar dunia yang berdampak pada kondisi perekonomian baik skala regional maupun internasional yang tak kunjung membaik,” ungkap Ketua DPD Gerindra Jabar itu.

Tak hanya itu, Taufik menambahkan kondisi juga diperparah oleh adanya perang proxy (proxy war) dalam bentuk pemanfaatan terhadap teknologi informasi yang mengguncang sendi-sendi negara. 

“Kondisi tersebut kini dikhawatirkan semakin memburuk seiring merebaknya Covid-19 yang sudah dinyatakan sebagai pandemik oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO),” ujarnya.

Untuk itu, dalam rangka menyiasati situasi tersebut diperlukan upaya untuk terus memperkokoh nilai-nilai kebangsaan salah satunya melalui pemasyarakatan Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. 

Taufik melanjutkan, adanya workshop ini selain untuk meningkatkan kompetensi anggota DPRD juga memperkuat lembaga perwakilan rakyat.

“Saat ini DPRD Jabar juga memiliki program 'Sketsa Parlemen dalam Kebangsaan' di mana bertujuan untuk menyosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat,” ujar Taufik.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved