Indag Jawa Barat Canangkan Zona Integritas

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Provinsi Jawa Barat melakukan pencanangan Zona Integritas, Senin (16/3/2020).

Indag Jawa Barat Canangkan Zona Integritas
Istimewa
Indag Jabar Canangkan Zona Integritas 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Provinsi Jawa Barat melakukan pencanangan Zona Integritas, Senin (16/3/2020). Pencanangan tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Hal tersebut sesuai dengan Perpres Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Biokrasi 2010-2025 dan Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Iingkungan instansi pemenntah.

Kepala Dinas Indag Provinsi Jawa Barat, Mohamad Arifin Soedjayana, mengatakan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Jawa Barat juga harus melakukan reformasi birokrasi.

Pengusaha Sepatu Cibaduyut Masih Optimistis Industri Sepatu Cibaduyut Bakal Terus Bertumbuh

"Ada target yang memang ingin kami capai. Evaluasinya, waktu itu di rapim, saya mendengar hanya satu OPD, katanya BPMPTSP Jabar saja, yang sudah menerapkan zona integritas," kata Arifin di kantornya, Senin (16/3/2020).

Arifin mengatakan akhirnya pihaknya tergerak untuk melakukan hal serupa dan berkonsultasi dengan Biro Organisasi Setda Pemprov Jabar dan Inspektorat Jabar untuk mencanangkan zona integritas di Dinas Indag Jabar.

"Kemudian akhirnya kita mencoba hari ini untuk pencanangan, untuk yang namanya zona integritas itu. saya yakin bisa kok, enggak ada hal yang susah. Saya yakin apa yang dilakukan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar sudah sesuai dengan penerapan terkait reformasi birokrasi," katanya.

Harapannya dengan pencanangan tersebut, ujarnya, pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik, kinerja dinasnya akan lebih baik, efisiensi pelayanan lebih prima, efektivitas pelayanan lebih baik, kemudian juga kinerja dari Dinas Indag Jabar jadi lebih memuaskan masyarakat.

"Pasti harus ada evaluasi karena jangan sampai kemudian kita merasa sudah melakukan semuanya, padahal juga belum sesuai dengan standar-standar yang memang diterapkan di reformasi birokrasi," tuturnya.

Dampak Virus Corona, Industri Tekstil di Tanah Air Terhambat Pasokan Bahan Baku

Khusus untuk kawasan zona integritas ini, semua bidang di dinasnya jadi lebih berkinerja baik dalam hal pencegahan korupsi. Hal yang pertama ditindaklanjuti adalah penataan pelayanan terkait dengan Surat Keterangan Asal.

Asisten Administrasi Setda Provinsi Jabar, Dudi Abdurachim, mengatakan pencanangan ini berkaitan dengan hasil rekomendasi audit inspektorat. Masyarakat pun, katanya, menginginkan adanya pewujudan good governance yang lebih baik di lingkungan Pemprov Jabar.

"Ini langkah baik di bidang perindustrian dan perdagangan, melakukan launching dan tanda tangan pakta integritas oleh staf. Nanti kejelasannya untuk pelayanan masyarakat lebih baik, nanti akan memudahkan di bidang industri dan perdagangan," katanya. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved