GHITANYA : Mobile JKN Bisa Mengakomodir Seluruh Kebutuha Peserta JKN-KIS

Dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, semua terlihat sangat mudah. Apalagi, dengan banyak fitur layanan yang terdapat dalam aplikasi tersebut,

GHITANYA : Mobile JKN Bisa Mengakomodir Seluruh Kebutuha Peserta JKN-KIS
istimewa
Narasumber : Ghitanya Ghassani (24) 

TRIBUNJABAR.ID,- Disela-sela kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2019 (12/03), Ghitanya Ghassani (24) tak ragu datang menghampiri stand kepesertaan BPJS Kesehatan yang hadir dalam kesempatan tersebut. Sebagai karyawan di salah satu Bank Milik Daerah yang ikut berpartisipasi juga dalam kegiatan yang sama, Ghitanya berkunjung bersama temannya hendak ingin menanyakan status kepesertaannya sebagai peserta JKN-KIS.

"Setelah di cek oleh petugas BPJS Kesehatan, ternyata saya sudah didaftarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja. Tapi sampai sekarang, saya belum mendapat Kartu Indonesia Sehat (KIS). Maka dari itu, saya datang ke stand pelayanan BPJS Kesehatan untuk menanyakan hal ini," ungkap Ghitanya.

Kendatipun petugas menjelaskan permasalahan tersebut bahwa setiap pencetakan kartu sebagai identitas kepesertaan JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dilakukan secara kolektif melalui HRD atau bidang Sumber Daya Manusia di setiap perusahaannya masing-masing. Namun pada kasus pekerja yang belum mendapatkan kartu secara fisik baik dari tempatnya bekerja bisa dilakukan pencetakan kartu di kantor BPJS Kesehatan.

"Setelah mendapat penjelasan dari petugas BPJS Kesehatan, ternyata kita bisa mendapatkan kartu JKN-KIS lewat aplikasi Mobile JKN. Hanya dengan mendownload aplikasi Mobile JKN, kita bisa langsung melihat kartu JKN-KIS versi digitalnya," tambahnya.

Ghitanya menambahkan, dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, semua terlihat sangat mudah. Apalagi, dengan banyak fitur layanan yang terdapat dalam aplikasi tersebut, ia merasa semua kebutuhan peserta JKN-KIS dapat terakomodir dengan baik. Kini, ia merasa sudah tidak perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan atau merasa bingung karena kurang update informasi, karena dengan aplikasi Mobile JKN, ia sudah dapat mengakses apapun yang ia butuhkan.

“Wow ternyata simple banget. Hanya mendownload Mobile JKN bisa lihat kartu JKN-KIS saya melalui handphone, jadinya lebih praktis karena kita kan kemana-mana selalu bawa hp, jadi kalaupun kartunya lupa gak kebawa atau lupa nyimpan tinggal lihatin ini ya kalau mau berobat,” pungkas Ghitanya setelah menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Selain fitur KIS Digital ternyata ada fitur-fitur lainnya yang bermanfaat, seperti fitur ketersediaan tempat tidur di tumah sakit, fitur obat yang ditanggung, premi iuran, pendaftaran online, perubahan data dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang memanjakan peserta JKN-KIS yang tidak perlu lagi ngurusin BPJS Kesehatan harus ke kantor cukup dengan Mobile JKN saja. (BS/ir)

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved