Cegah Penularan Virus Corona

Cegah Virus Corona, Pengunjung The Great Asia Africa Lembang Diperiksa Suhu Tubuh

Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata The Great Asia Africa Lembang saat ini kesehatannya

tribunjabar/hilman kamaludin
Cegah Virus Corona, Pengunjung The Great Asia Africa Lembang Diperiksa Suhu Tubuh 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata The Great Asia Africa Lembang saat ini kesehatannya mulai diperhatikan pihak pengelola menyusul adanya penyebaran virus corona.

Pihak pengelola The Great Asia Africa Lembang saat ini mulai menerapkan pengecekan suhu tubuh kepada setiap pengunjung di pintu masuk area wisata dan disediakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan.

Public Relations And Promotion The Great Asia Africa, Intania Setiati mengatakan, upaya tersebut sebagai bentuk untuk mencegah penyebaran virus corona yang saat ini sudah masuk ke Indonesia.

"Sejak awal isu ini (virus corona) muncul, kita sudah persiapan. Therma scanner kita tempatkan di pintu masuk," ujar Intan kepada Tribun Jabar, Minggu (15/3/2020).

RS Hasan Sadikin Bandung Rawat 3 Pasien Positif Virus Corona

Intan mengatakan, pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung bakal dimaksimalkan dan apabila ada wisatawan kedapatan suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius, maka pengunjung akan disarankan untuk tidak masuk lokasi wisata.

"Saran yang kami berikan dilakukan dengan cara yang sangat baik. Diharapkan tidak berkunjung dulu, tapi harus istirahat dan memeriksa kondisi tubuhnya," katanya.

Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga menerjunkan beberapa petugas khusus untuk mengedukasi agar wisatawan menerapkan pola hidup sehat dan rutin mencuci tangan.

"Sekitar 50 hand sanitizer dipasang di seluruh area wisata dan ada petugas juga yang kita bekali cairan alkohol untuk pembersih tangan pengunjung," ucapnya.

Menurutnya, hingga saat ini tempat wisata khususnya di Lembang, masih aman dikunjungi, namun sejak wabah virus ini terkonfirmasi di Indonesia, jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan.

Namun, meski terjadi penurunan, jumlahnya tidak terlalu signifikan, karena pengunjung The Great Asia-Afrika masih didominasi oleh wisatawan domestik.

Buntut Peserta Terjangkit Corona, Pemprov Jabar Telusuri Satu Seminar di Bogor

"Kita penurunannya antara 20-30 persen. Karena pengunjung kita tak terlalu banyak yang berasal dari WNA," kata Intan.

Adanya penurunan wisatawan itu, lanjut Intan, sangat terasa setelah ada imbauan dari pemerintah daerah yang mengharuskan siswa menunda study tour atau karya wisata.

"Jadi otomatis berkurang apalagi pengunjung kita juga mayoritas dari yang studi tour. Jadi jumlah kunjungannya agak turun juga," ujarnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved