Muncul Kasus Impor dari Indonesia, Singapura Pungut Biaya Perawatan WNA Terinfeksi Virus Corona

Adanya peningkatan jumlah pasien terinfeksi virus corona, Singapura mulai memungut biaya perawatan kepada warga negara asing atau WNA yang terinfeksi

KOMPAS.com/I KOMANG NARENDRA
Warga Singapura ada yang terlihat memakai masker dan ada juga yang tidak memakai masker di kawasan University Town, National University of Singapore (NUS), Kamis (30/01/2020) 

TRIBUNJABAR.ID, SINGAPURA - Adanya peningkatan jumlah pasien terinfeksi virus corona, Singapura mulai memungut biaya perawatan kepada warga negara asing atau WNA yang terinfeksi virus corona.

Dilansir dari Kompas.com, hal ini berlaku setelah muncul kasus impor dari Indonesia.

Meski begitu, Kementerian Kesehatan Singapura atau Ministry of Health (MOH) tidak mengatakan secara pasti kalau kebijakan ini dibuat setelah kasus impor itu muncul.

"Mengingat meningkatnya jumlah infeksi Covid-19 secara global, dan peningkatan yang diharapkan dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi di Singapura, kita perlu memprioritaskan sumber daya di rumah sakit umum kami," demikian keterangan MOH yang dikutip dari pemberitaan Reuters.

Pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi Terinfeksi Virus Corona, Seluruh Tim Dirumahkan

WNA yang memegang izin kunjungan jangka pendek dan mencari pengobatan untuk Covid-19 di Singapura sekarang dibebankan biaya, tetapi tes untuk virus ini tetap gratis.

Menurut situs web Departemen Kesehatan Singapura, perawatan infeksi pernapasan di rumah sakit umum biayanya berkisar antara 6.000-8.000 dollar Singapura (sekitar Rp 62 juta sampai Rp 83 juta).

Kasus impor dari Indonesia

Singapura menerapkan peraturan ini mulai 7 Maret, setelah pihak berwenang mengatakan dua pelancong asal Indonesia dengan gejala virus corona tiba di Singapura.

Keduanya pernah melaporkan gejala SARS-CoV-2 di Indonesia sebelum tiba di Singapura.

Salah satunya pernah meminta perawatan di Jakarta.

Halaman
12
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved