Bupati Ingatkan Warga, DBD Lebih Mengancam di Ciamis, Sudah Lima Orang Meninggal di Tahun Ini

Bupati mengingatkan warga, DBD lebih mengancam di Ciamis. Di awal tahun ini, sudah lima orang meninggal.

Bupati Ingatkan Warga, DBD Lebih Mengancam di Ciamis, Sudah Lima Orang Meninggal di Tahun Ini
DOKUMENTASI KOMPAS
Waspada Nyamuk Demam Berdarah. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Di tengah maraknya ancaman penularan virus corona atau Covid-19 yang kini sudah melanda sejumlah negara, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengingatkan masyarakat tentang ancaman penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“DBD itu adalah ancaman nyata. Sejak Januari sudah ada lima orang yang meninggal karena DBD di Ciamis. Selama bulan Februari lalu ada 60 pasien DBD yang dirawat di RSU Ciamis, belum lagi di puskesmas atau rumah sakit lain,” ujar Herdiat Sunarya kepada para wartawan usai mengikuti istigasah memohon perlindungan Ilahi dari penularan virus corona di Alun-Alun Ciamis, Jumat (13/3/2020) pagi.

Data dari Dinkes Ciamis, selama bulan Januari dan Februari 2020 ada 455 kasus DBD terjadi di Ciamis, yakni 216 kasus pada bulan Januari dan pada bulan Februari terjadi 239 kasus.

Kasus DBD ini hampir terjadi di semua kecamatan di Ciamis. Sebanyak 113 penderita DBD di antaranya sempat dirawat di RSU Ciamis.

Mengantisipasi meluasnya penularan penyakit mematikan ini, Herdiat mengimbau masyarakat Ciamis meningkatkan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara massif dan berkelanjutan secara terus menerus.

Angka kasus DBD awal tahun ini di Ciamis cukup mengkhawatirkan. Di dua bulan pertama saja sudah menyentuh angka hampir 500 kasus.

“Dan lima orang meninggal karena DBD. Itu baru awal tahun,” katanya.

Sudah Dua Minggu Bawang Bombai Menghilang di Ciamis, Harganya Naik Tajam

Sudah 10 Orang di Ciamis yang Keracunan Jamur, Satu Orang Sempat Henti Napas

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved