Beri Ide pada Legislatif dan Eksekutif, Mahasiswa 13 Perguruan Tinggi di Jabar Gelar Diskusi Ilmiah

Puluhan mahasiswa Program Studi Administrasi Publik yang merupakan delegasi dari 13 perguruan tinggi di Jawa Barat, gelar acara forum diskusi ilmiah

Tribun Jabar/Cipta Permana
Puluhan mahasiswa Administrasi Publik yang merupakan delegasi dari 13 kampus di Jabar berfoto bersama usai kegiatan diskusi ilmiah bernama Silaturahmi Administrasi Publik Jawa Barat (SIAP JABAR) di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (13/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Puluhan mahasiswa Program Studi Administrasi Publik yang merupakan delegasi dari 13 perguruan tinggi di Jawa Barat, menggelar acara forum diskusi ilmiah bernama Silaturahmi Administrasi Publik Jawa Barat (SIAP JABAR).

Kegiatan yang mengusung tajuk "Internalisasi Revolusi Mental dalam Penyelenggaraan Pemerintahan untuk menghadapi Bonus Demografi di Jawa Barat” tersebut, menjadi kegiatan rutin tahunan kedua yang digelar oleh UIN Sunan Gunung Djati sebagai tuan rumah.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung Ahmad Ali Nurdin, MA, Ph.D mengatakan bahwa, esensi dari revolusi mental memiliki arti, mengubah mindset pejabat pemerintahan untuk mampu adaptif dengan perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi saat ini.

Dunia Nyata Proses Peradilan Dibahas dalam Diskusi di Unpad yang Hadirkan Dua Pembicara

Selain itu, pemerintah juga dituntut untuk dapat melakukan restrukturisasi organisasi yang lebih efektif, efisien, akuntabel, dan responsif sehingga pelayanan publik kepada masyarakat lebih optimal dan prima.

"Dengan demikian, melalui pertemuan ilmiah ini diharapkan dapat melahirkan gagasan baru yang dapat memberikan kontribusi dalam mengawal pemerintahan menuju Indonesia yang lebih Maju.” ujarnya di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Jumat (13/3/2020).

Hal senada disampaikan oleh, Dosen sekaligus Ketua Jurusan Administrasi Publik FISIP UIN SGD Bandung menuturkan, selain menggelar diskusi ilmiah, tetapi juga para mahasiswa delegasi dituntut untuk menyampaikan hasil riset tentang berbagai program dan kebijakan pemerintahan daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Selain menjadi ajang silaturahmi para mahasiswa Prodi Administrasi Publik, tetapi juga setiap hasil diskusi harus bisa memberikan masukan konstruktif bagi pihak eksekutif dan legislatif untuk kemajuan pembangunan Provinsi Jawa Barat," ujarnya di lokasi yang sama.

Diskusi 100 Hari Kerja Jokowi-Amin: Perlu Kerja Lebih Keras, Ingatkan Pembangunan demi Jiwa Bangsa

Sementara itu, Ketua Panitia SIAP JABAR, Farhan R. Halim menjelaskan, para peserta silaturahmi dan diskusi ilmiah ini diantaranya, delegasi dari UIN Sunan Gunung Dtati Bandung, Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Parahyangan (UNPAR), Universitas Pasundan (UNPAS), , STIA LAN Bandung, STIA Bandung, Universitas Al Ghifari, Universitas Galuh Ciamis, Universitas Djuanda Bogor, STIA YPPT Priatim Tasik, Universitas Muhammadiyah Sukabumi Universitas Swadaya Gunung Djati dan Universits Indonesia (UI).

Para delegasi menyampaikan hasil riset, yang berkaitan dengan tema SIAP Jabar 2020 dan direview oleh para pakar kebijakan antara lain, Dr. Sahya Anggara, M.SI dan Dr. Yaya Mulyana, M.SI selaku Ketua Indonesia Association Public Admnistration (IAPA) DPW Provinsi Jawa Barat.

Selain Gelar Diskusi, PDIP Jabar Bantu Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar Siapkan Bibit Pohon

Dalam acara tersebut turut mengadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing, diantaranya, dari unsur akademisi yaitu, Yogi Suprayogi, Ph.D; Pejabat Fungsional Bappeda Jawa Barat, Bapak Mujiono; dan influencer yaitu, Rifky Issac Prasadan.

"Rangkaian acara SIAP Jabar 2020 ditutup dengan Public Hearing dan menyampaikan Policy Brief kepada sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat," katanya. (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved