Gempa Bumi

GEMPA HARI INI: Gempa Magnitude 5 Guncang Pacitan, Getaran Terasa Hingga Cilacap, Kemarin Sukabumi

Setelah mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, gempa bumi mengguncang Pacitan, Jawa Timur, sore tadi, pukul 15.03 WIB.

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Gedung sekolah yang rusak akibat gempa bumi magnitudo 5,0 di Kabupaten Sukabumi pada Selasa (10/3/2020). Foto diambil pada Kamis (12/3/2020). 

TRIBUNJABAR.ID - Setelah mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, gempa bumi mengguncang Pacitan, Jawa Timur, sore tadi, pukul 15.03 WIB.

Getaran akibat gempa bumi di Pacitan terasa di sejumlah wilayah, mulai dari Ponorogo, Jawa Timur hingga Cilacap, Jawa Tengah.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bersumber di laut yang berjarak 106 kilometer arah barat daya Pacitan atau tepatnya 8.99 LS,110.60 BT. Gempa dengan magnitudo 5,0 itu berpusat di kedalaman 15 kilometer.

Gempa terasa seperti truk lewat Lihat Foto Ilustrasi gempa bumi(Shutterstock) Kekuatan gempa (MMI) terasa berbeda-beda di wilayah Ponorogo sampai Cilacap.

GEMPA Hari Ini, 3 Hari Terakhir Pulau Jawa Selalu Dilanda Gempa, Setelah Cianjur Kini Pacitan

Rinciannya yakni II-III Yogyakarta, II-III Wonosari, II-III Klaten, II-III Bantul, II-III Ponorogo, I-II Cilacap, dan I-II Purworejo. Masih dari BMKG, kekuatan III MMI disebut dapat dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk lewat. Namun gempa kali ini disebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki membenarkan daerahnya juga terdampak.

Pihaknya juga masih mendata adakah kerusakan akibat gempa tersebut.

"Belum ada laporan kerusakan atau dampak terkait gempa," kata Edy saat dihubungi melalui telepon.

Kesaksian warga Getaran gempa di Gunungkidul dirasakan di berbagai lokasi, salah satunya perkantoran Bangsal Sewoko Projo, Wonosari.

"Tadi sempat merasakan gempa durasinya beberapa detik sebelum shalat Ashar," kata Gunawan yang bertugas di kompleks Bangsal Sewoko Projo, Kamis.

Ternyata Jennifer Dunn Pernah Kerja Buat Wawan, Ini Hal Mengejutkan Soal Fasilitas yang Diberikan

Warga lainnya juga mengaku merasakan getaran saat berada di rumah saudaranya di Playen. "Tadi getarannya greg tapi cuma sebentar," ucap Surisdiyanto Warga Kecamatan Tanjungsari. Sementara warga Bantul, Ujang mengaku merasakan getaran gempa di wilayahnya.

"Wah, terasa banget ini, di Bantul kota sekitaran RSUD Panembahan Senopati Bantul," katanya, seperti dilansir Antara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fakta Gempa Magnitudo 5,0 Pacitan, Terasa Hingga Ponorogo-Yogyakarta-Cilacap", https://regional.kompas.com/read/2020/03/12/17430171/fakta-gempa-magnitudo-50-pacitan-terasa-hingga-ponorogo-yogyakarta-cilacap?

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved