Diisukan Akan Terjadi Lagi Gempa di Jabar pasca Gempa Sukabumi dan Cianjur, Begini Penjelasan BMKG

Kepala BMKG, Tony Agus Wijaya, mengatakan penyebab gempa bumi di Sukabumi yang terjadi pada Selasa (10/3/2020) dan gempa di Cianjur pada Rabu (11/3)

TRIBUN JABAR/Fasko Dehotman
Gambar ilustrasi gempa yang terdapat di layar TV LCD, pada ruangan Manfaat dan Bencana Geologi, Museum Geologi Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung BMKG, Tony Agus Wijaya, mengatakan penyebab gempa bumi di Sukabumi yang terjadi pada Selasa (10/3/2020) dan gempa di Cianjur pada Rabu (11/3) memiliki penyebab yang berbeda.

Masyarakat pun diimbau tidak mempercayai kabar yang menyatakan gempa masih akan banyak terjadi di Jabar karena gempa tidak dapat diprediksi.

"Belum ada (penelitian yang menyatakan suatu gempa memengaruhi aktivitas gempa dan sesar lainnya). Gempa tadi (Sukabumi dan Cianjur) tidak saling memengaruhi karena lokasi dan sumber gempa berbeda," kata Tony melalui ponsel, Kamis (12/3).

GEMPA HARI INI: Gempa Magnitude 5 Guncang Pacitan, Getaran Terasa Hingga Cilacap, Kemarin Sukabumi

Gempa bumi di Pacitan.
Gempa bumi di Pacitan. (Twitter @infoBMKG)

Tony mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap kabar-kabar mengenai prediksi gempa karena Indonesia memang memiliki potensi gempa tinggi sebagai bagian cicin api dunia.

Terpenting, katanya, adalah kewaspadaan dan pengetahuan mengenai pengurangan risiko bencana.

Gempa tektonik Magnitude 5,1 yang mengguncang wilayah Sukabumi pada Selasa 10 Maret 2020 pukul 17.18.04 WIB, katanya, dipicu oleh aktivitas sesar aktif.

Hasil analisis menunjukkan bahwa gempa ini diakibatkan oleh aktivitas slip atau pergeseran blok batuan kulit bumi secara tiba-tiba.

Dengan melihat peta zonasi sumber gempa di wilayah Jawa Barat tampak bahwa lokasi episenter gempa ini berada di zona Sesar Citarik.

Zona sumber gempa sesar aktif ini berada di sebelah barat Sesar Cimandiri, akan tetapi berada di sebelah timur zona sumber gempa Kluster Bogor yang aktif memicu rentetan gempa swarm yang berpusat di Kecamatan Nanggung, Bogor pada bulan Agustus 2019.

GEMPA Hari Ini, 3 Hari Terakhir Pulau Jawa Selalu Dilanda Gempa, Setelah Cianjur Kini Pacitan

Halaman
1234
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved