Tommy Soeharto Bangun Pasar Induk Modern di Karawang, Total 4.264 Kios Berkonsep Go Green

Tommy Soeharto membangun pasar induk modern berkarya, melalui perusahaannya yang bernama PT Mandala

tribunjabar/nandri prilatama
Tommy Soeharto membangun pasar induk modern di Karawang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Tommy Soeharto membangun pasar induk modern berkarya, melalui perusahaannya yang bernama PT Mandala Pratama Permai dan PT Humpuss Land. Peletakan batu pertama dilakukan di kawasan Mandala Pratama Permai Cikampek, Karawang, Rabu (11/3/2020).

Nantinya, pasar induk ini berdiri di lahan seluas 12 hektare dengan mengusung konsep Go Green yang anggaran investasinya mencapai ratusan miliar rupiah.

"Nanti pembangunan konstruksi dimulai setelah ada izin mendirikan bangunan keluar. Targetnya 18 bulan beroperasi," kata Tommy.

Sebanyak 4.264 kios, lanjut dia, bakal dibangun dengan 2.000 kios sudah terpesan sejak saat ini oleh para pedagang dari Pasar Induk Cibitung dan Tanah Tinggi.

Pembangunan kios, Tommy menyebut bakal dibangun secara dua tahap, yakni pertama 2.500 kios dan sisanya di tahap berikutnya.

Cegah Penyebaran Virus Corona, The Papandayan Hotel Melakukan Langkah Antisipasi Seperti Ini

"Pasar kami punya banyak keunggulan mulai lebih apik dan nyaman, juga dilengkapi mes hingga anti banjir, karena kami bakal bangun danau untuk menampung air sebelum dibuang ke saluran pembuangan," ujarnya.

Tak hanya itu, Tommy juga menjelaskan pasarnya nanti bakal ada penampung air limbah yang diolah menjadi biogas sebelum dibuang ke sungai.

"Biogas nanti untuk genset dan bahan bakar kompor di kios dan restoran di kawasan ini," katanya, seraya menyebut selanjutnya ada lahan seluas 3 hektare tepat di seberang pasar serta bakal dibangun pula terminal tipe B.

Di kesempatan yang sama, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyambut baik pembangunan pasar induk modern berkarya. Cellica yakin pasar ini nantinya dapat memberikan pertumbuhan ekonomi bagi warga Karawang.

Persib Bandung vs PSS Sleman, Panpel Siapkan Acara Ultah Persib

"Apalagi potensi terserap tenaga kerja sebanyak 14 ribu orang. Jadi, nanti juga bakal ada kolaborasi antara pasar tradisional dan modern dengan fasilitas yang representatif," ujarnya.

Cellica mengaku ingin meminta izin kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil guna merelokasi bus antarprovinsi dari Terminal Cikampek ke terminal tipe B yang hendak dibangun di kawasan tersebut.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved