Sejumlah Bangunan di Pontren Al-Husnayain Kabupaten Sukabumi Rusak Digoyang Gempa

Sejumlah bangunan di Pondok Pesantren Al-Husnayain, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan

tribunjabar/fauzi noviandi
Bagian bangunan pesantren yang rusak 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sejumlah bangunan di Pondok Pesantren Al-Husnayain, Desa/Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi rusak akibat diguncang gempa berkekuatan 5,0 skala richter.

Berdasarkan pantauan di lokasi hingga saat  ini, puing reruntuhan sejumlah bangunan Pondok pesantren sekaligus SMP dan SMA yang sudah berdiri semenjak 1989, tersebut belum dibersihkan dan masih berserakan.

Pengasuh pondok pesantren Al-Husnayain, Saelani Hasan, menyebutkan sejumlah bangunan yang mengalami kerusakan yaitu ruangan belajar, labotarium, toilet, asrama putra dan masjid pesantren.

"Dari bangunan yang mengalami kerusakan tersebut paling parah yaitu masjid pesantren dan toilet. Sejauh ini ada petugas relawan serta anggota TNI/Polri sudah melakukan pendataan," kata dia, Rabu, (11/3/2020).

Dinkes Kabupaten Cirebon Sebut WNA Filipina Masuk Kategori Pasien dalam Pemantauan Corona

Santri yang diasuh di pondok pesantren Al-Husnayain, jelas dia, ada sebanyak 90 siswa terdiri dari 60 santri perempuan dan 30 Laki-laki. Sedangkan guru serta pengasuh sekitar 10 orang.

"Tidak ada korban jiwa atau pun luka akibat peristiwa tersebut, karena pada saat itu sejumlah siswa sedang bermain sepak bola, dan santri perempuan sedang mempersiapkan diri untuk ke masjid sehingga berhasil mrnyelamaykan diri," katanya

Ia mengisahkan, guncangan gempa yang cukup kencang tersebut sempat membuat sejumlah santri wanita panik dan histsris, namun selang beberapa menit meraka dapat ditenangkan.

"Untuk sementara saat ini puluhan santri sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman meskipun masih berada disekitar pondok pesantren," kata Saelani.

Jika Taklukkan PSS Sleman, Persib Bandung Tetap Puncaki Klasemen, Begini Kata Robert Alberts

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved