Aa Umbara Mengaku Masih Banyak Barang Milik Daerah di Pemda KBB yang Tidak Layak Pakai

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengakui hingga saat ini masih banyak Barang Milik Daerah (BMD)

istimewa
Barang Milik Daerah Pemkab Bandung Barat yang tidak layak pakai dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengakui hingga saat ini masih banyak Barang Milik Daerah (BMD) Pemkab Bandung Barat yang sudah tidak layak pakai, sehingga dirinya berencana untuk menghibahkan barang tersebut.

Sebagian barang yang sudah tidak layak pakai seperti kursi dan meja itu sudah dimusnahkan dengan cara dibakar di Plaza Mekarsari, Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Selasa (10/3/2020).

"Berdasarkan informasi memang masih banyak barang-barang seperti tadi (yang tidak layak pakai), tapi kalau dibolehkan dan sesuai atauran bisa dihibahkan," ujar Aa Umbara saat ditemui seusai pemusnahan BMD.

Ia mengatakan, setelah melakukan pemusnahan BMD, banyak Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang memberikan informasi terkait adanya barang yang sudah tidak layak pakai itu.

"Dari pada hanya disimpan di gudang dan terlihat tidak bersih, lebih baik dikumpulin dan dihibahkan agar lebih bermanfaat," katanya.

Menteri Sosial Klaim Angka Kemiskinan di Indonesia Menurun

Berdasarkan pemantauan di lapangan, pihaknya kerap menemukan pesantren yang memiliki meja dan kursi yang kondisinya lebih rusak dari BMD milik Pemkab Bandung Barat.

"Tapi aturannya harus ada, bahwa BMD bisa dihibahkan ke masyarakat yang membutuhkan, misalnya ke madrasah atau pesantren. Jadi gak harus dimusnahkan," ucap Aa Umbara.

Namun, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 19 tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, bahwa BMD memang harus dimusnahkan dan tidak boleh dipindah tangankan.

"Keinginan masyarakat itu kan banyak, tapi kita tidak bisa memberikan barang yang bagus, minimal bisa memberikan yang bekas tapi masih bisa diperbaiki," katanya.

Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama, Nih Catat Jadwal Barunya Biar Bisa Rencanakan Liburan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved