Tips Bekerja di Tengah Wabah Virus Corona, Salah Satunya Kerja dari Rumah

Mewabahnya virus corona di lebih dari 80 negara berdampak pada berbagai sektor, salah satunya pola bekerja.

Pixabay
ilustrasi virus corona 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Mewabahnya virus corona di lebih dari 80 negara berdampak pada berbagai sektor, salah satunya pola bekerja.

Sejumlah negara kini mewajibkan tenaga kerja bekerja dari rumah.

Beberapa manajer perekrutan pun mencari berbagai panduan untuk mempersiapkan gangguan operasional tenaga kerja sekaligus cara-cara menjaga kesehatan karyawan.

Lantas, bagaimana bagi pekerja yang tidak memiliki opsi untuk bekerja di rumah karena keadaan dan jabatannya?

Dikutip CNBC, Senin (9/3/2020), selain mematuhi instansi kesehatan setempat, para ahli menyebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk mendukung para pekerja terkait wabah virus corona ini.

Serie A Tetap Berjalan di Tengah Wabah Virus Corona, Menteri Olahraga Italia Geram

Cuti sakit yang dibayar

Meski pekerja tak memiliki opsi bekerja di rumah, para pekerja yang sakit tetap disarankan untuk tinggal di rumah. Itu adalah rekomendasi terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona di tempat kerja.

Sayangnya, 90 persen pekerja tetap bekerja meski saat sakit. Alasan utamanya karena terlalu punya banyak pekerjaan, tidak ingin ambil cuti saat sakit, dan merasakan beragam tekanan dari manajemen dan kolega untuk terus bekerja.

Dan bagi banyak orang, mengambil cuti sakit berarti tidak mendapat gaji di hari tersebut. Memang, saat ini tidak ada hukum yang mewajibkan pengusaha membayar cuti sakit. Tapi sebagai gantinya, beberapa negara mengharuskan pengusaha memberikan cuti sakit yang tetap dibayar kepada pekerja yang memenuhi syarat.

Mitra di firma hukum internasional Dorsey & Whitney, Aaron Goldstein menyarankan perusahaan untuk memberi para pekerja cuti sakit yang dibayar di tengah merebaknya virus corona.

Halaman
123
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved