RSUD di Jabar Masih Perlu Pembenahaan dalam Menghadapi Virus Corona

Anggota Komisi IX DPR RI, Adang Sudrajat menilai RSUD di Jawa Barat masih kekurangan SDM dan peralatan untuk menghadapi virus corona

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Anggota Komisi IX DPR RI, Adang Sudrajat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Anggota Komisi IX DPR RI, Adang Sudrajat menilai, sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jawa Barat masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) dan peralatan untuk menghadapi virus corona.

Atas hal tersebut, Adang mengatakan, sejumlah RSUD di Jabar masih perlu ada pembenahan baik itu SDM maupun peralatan, terutama kesiapan mengadakan Alat Pelindung Diri (APD).

"Pertama sih kesiapan SDM. Kedua kesiapan APD termasuk juga ruang isolasi," ujar Adang saat ditemui seusai sidak di RSUD Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (9/3/2020).

19 WNI Positif Tekena Virus Corona, Rumah Sakit Khusus Corona Selesai Dalam 14 Hari, Ini Lokasinya

Perhatikan Gejala hingga Cara Mencegah Penularan Virus Corona, Ini yang Mesti Dilakukan

Menurut Adang, hal tersebut terjadi di RSUD Lembang, sehingga kesiapan SDM dan APD di rumah sakit tersebut harus segera dipenuhi karena wilayah Lembang menjadi pusat wisatawan lokal maupun manca negara.

"Kalau di sini (RSUD Lembang) memang ada hambatan pada alat pelindung diri (APD) nya," katanya.

Saat ini, RSUD Lembang tengah memantau warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan yang masuk kategori status pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona.

"Mungkin di sini tidak bisa lama. Tapi dengan kondisi tadi cepat dirujuk ke RS yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Dalam hal ini Rotinsulu ataupun RSHS," katanya.

Maka dari itu, pihaknya ingin memastikan kesiapan rumah sakit di Jabar, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran serta penanganan pasien virus corona di Lembang.

Pihaknya juga memantau kesiapan dua RS rujukan di Kota Bandung, yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan Rumah Sakit Rotinsulu Bandung untuk memastikan kesiapan setiap RS terutama dalam segi penanganan pasien.

"Di situ dilihat kesiapan mereka khususnya dalam penanganan pasien corona di Jawa Barat. Ini terkait saya dapilnya di Jabar II yakni, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat," ucapnya.

Menurutnya, dua RS rujukan tersebut sudah memenuhi unsur kesiapan menghadapi pasien corona, namun sejumlah RSUDmasih perlu ada pembenahan baik itu SDM maupun peralatan.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved