Di Sukabumi, Harga Bawang Bombai Naik Hingga 600 Persen, Tembus Rp 120 Ribu/Kg

Harga bawang bombai di sejumlah pasar tradisional Kota Sukabumi mengalami kenaikan sekitar 600 persen

Di Sukabumi, Harga Bawang Bombai Naik Hingga 600 Persen, Tembus Rp 120 Ribu/Kg
Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Pedagang sayuran di Pasar Pelita Sukabumi mengonkonfirmasi soal kenaikan harga bawang bombai hingga mencapai 600 persen, Senin (9/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI- Harga bawang bombai di sejumlah pasar tradisional Kota Sukabumi mengalami kenaikan sekitar 600 persen. Naiknya drastisnya harga bawang bombai diduga akibat minimnya pasokan.

Asep Nandar (33) pedagang sayuran di Pasar Induk Pelita Sukabumi, mengatakan saat ini harga bawang bombai Rp 120 ribu sebelumya berada di angka Rp 15 ribu per kilogramnya.

"Sudah hampir selama tiga hari harganya bertahan diangka Rp 120 ribu per kilogram, sedangkan harga normal bawang bombai itu sekitar Rp 20 ribu per kilogram," katanya, Senin (9/3/2020).

Menurutnya, harga bawan bombai dari sejumlah pemasok dari Pasar Caringin Bandung jual mencapai Rp 90 ribu per kilogram, sebelumnya hanya sebesar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram.

"Harganya naik karena stok barang dari pemasok di Pasar Caringin Bandung sulit ditemukan, karena bawang bombai asal Tiongok itu dibatasi untuk sementara," kata dia.

Besok Dinas Perdagangan Purwakarta Gelar OPM Bawang Putih, Per Kilogram Rp 28 Ribu di Sini Tempatnya

Harga Bawang Bombai di Bandung Kini Gila-gilaan, Naik Lebih dari 200 Persen

Asep mengatakan, kenaikan harga bawang bombai tidak mempengaruhi terhadap daya beli, karena bawang bombai digunakan pada saat acara tertentu dan perayaan hari besar.

"Meskipun tidak mempengaruhi terhadap daya beli. Namun stok bawang bombai menjadi berkurang yang sebelumnya bisa menstok sebanyak 10 kilogram untuk, tetapi saat ini hanya dapat menstok sekitar 2 kilogram saja," katanya

Selain itu, dia menambahkan, untuk harga bawang merah saat ini sebesar Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram, sedangkan bawang putih mencapai Rp 38 ribu per kilogram.

"Harga bawang merah hingga sekarang belum stabil serinh berubah-ubah, karena faktor cuca. Namun saya berharap harga kebutuhan pokok tersebut bisa kembali keharga normal," pungkasnya

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved