Siswi SMP Bunuh Balita

Bukan Psikopat, Psikolog Sebut Callous Unemotional Lebih Tepat untuk Siswi SMP Pembunuh Bocah

Psikolog Forensik Reza Indragiri mengungkap istilah yang digunakan untuk NF lebih tepatnya bukan psikopat namun callous unemotional.

tribunnews.com
Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel. 

TRIBUNJABAR.ID - Berbagai pihak menyebut remaja berinisial NF (15) yang nekat membunuh tetangganya, APA (5) sebagai sosok psikopat.

Psikolog Forensik Reza Indragiri mengungkap istilah yang digunakan untuk NF lebih tepatnya bukan psikopat namun callous unemotional.

Dilansir Tribunnews.com, hal itu diungkap Reza dalam tayangan METRO PAGI PRIMETIME unggahan YouTube metrotvnews, Minggu (8/3/2020).

Sebagai orang yang tidak menangani NF, Reza hanya bisa mengamati dari pemberitaan media.

Berdasarkan pemberitaan tentang sosok NF yang tidak merasa bersalah atas perbuatannya, Reza menyebut ada banyak kasus serupa di mana seorang gadis bertindak seperti NF.

"Untuk mengetahui kondisi psikologis pelaku ini harus jelas dilakukan pemeriksaan, saya tidak tahu kondisi psikologinya seperti apa," kata Reza.

"Tetapi ketika menyimak pemberitaan di media, saya terkenang sekian banyak riset terhadap anak-anak yang secara kebetulan memiliki tindak-tanduk serupa," jelasnya.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Susatyo Purnomo memperlihatkan buku catatan milik remaja 15 tahun yang bunuh bocoh 6 tajun di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).TribunMataram Kolase/ Instagram/ (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)
Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Susatyo Purnomo memperlihatkan buku catatan milik remaja 15 tahun yang bunuh bocoh 6 tajun di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).TribunMataram Kolase/ Instagram/ (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI) (TribunMataram Kolase/ Instagram/ (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI))

Dari banyak penelitian yang disimak oleh Reza, di antaranya disebutkan sifat psikopat.

Namun Reza membantah istilah psikopat lantaran menurutnya hanya bisa disematkan kepada orang berusia dewasa.

"Kalau dikatakan psikopat, itu menjadi salah satu simpulan juga dari penelitian-penelitian itu," kata Reza.

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved