Dunia Nyata Proses Peradilan Dibahas dalam Diskusi di Unpad yang Hadirkan Dua Pembicara

Diskusi yang melibatkan Moot Court Society FH Unpad ini menghadirkan ‎Guntoro Eka Sekti Ketua PN Batang dan praktisi hukum Perry Cornelius Sitohang

Tribun Jabar/Seli Andina Miranti
Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yang tergabung dalam Ikatan Alumni FH Unpad menggelar diskusi Alumni Talk I bertema Penanganan Perkara Perdata di Pengadilan Negeri, di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Sabtu (7/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina Miranti

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yang tergabung dalam Ikatan Alumni FH Unpad menggelar diskusi Alumni Talk I bertema Penanganan Perkara Perdata di Pengadilan Negeri, di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Sabtu (7/3/2020).

Diskusi dan seminar yang melibatkan Moot Court Society FH Unpad ini menghadirkan ‎Guntoro Eka Sekti sebagai Ketua PN Batang dan praktisi hukum Perry Cornelius Sitohang.

"Diskusi ini untuk menjembatani mahasiswa antara teori di bangku kuliah dan praktik beracara di pengadilan dalam bidang perdata. ‎Sehingga nantinya akan nyambung antara teori yang didapatkan saat berkuliah dengan praktek,"ucap Guntoro Eka Sekti di Unpad, Jatinangor.

Diskusi 100 Hari Kerja Jokowi-Amin: Perlu Kerja Lebih Keras, Ingatkan Pembangunan demi Jiwa Bangsa

Guntoro yang merupakan alumni FH Unpad 1994, mengatakan, mahasiswa hukum harus memperkaya pengalaman praktik dalam dunia peradilan. ‎

Mahasiswa hukum jika hanya belajar teori, ketika lulus akan gagap.

"Nantinya menjadi pengangguran, dan akan membebani negara, itu yang tidak kami inginkan. ‎Sehingga, ada hard skill dan soft skill yang harus dilatih dan output-nya mahasiswa akan benar-benar mumpuni, siap pakai, dan tidak akan gagap ketika terjun di lapangan," tutur Guntoro.

Pada sesi selanjutnya, Perry Cornelius Sitohang juga berbagi pengalaman dari awal mula awalnya lulus mahasiswa hukum kemudian memulai berkarir di praktisi hukum.

Kata dia, mahasiswa ilmu hukum yang belajar di bangku kuliah, belum tentu mengerti di dunia praktik kerja.

"Waktu kuliah merasa jadi paling pintar. Tapi saat masuk dunia lawyer, merasa paling bodoh dan tidak tahu apa-apa. Ini karena saat saya kuliah tidak ada yang memberi tahu kepada saya apa yang harus dilakukan, apa perlu dilakukan, dan apa yang bisa saya lakukan di dunia praktik. Nah melalui Alumni Talk ini untuk menjembatani itu," ujarnya.

BAF Gelar Diskusi Muda Berkarya Tua Kaya Raya

Perry yang juga alumni FH Unpad bersama Guntoro ingin memberikan sumbangsih yang lebih banyak, tetapi tidak terlalu bisa membangun kedekatan dengan mahasiswa. ‎

"Tujuannya, ketika mereka lulus nanti, mereka akan lebih tahu mau mengarah kemana, mereka mau berkerja dimana, dan alumni juga setidaknya dapat memberikan informasi dunia kerja kepada mereka," katanya.

Kedua narasumber tersebut banyak memaparkan soal bagaimana praktik kerja di dunia peradilan mulai dari pengadilan negeri, pengadilan tinggi hingga Mahkamah Agung.

Mereka juga menyampaikan soal praktik kerja di peradilan dalam kaitannya dengan hukum acara pidana dan hukum acara perdata.

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved