Pilkada Cianjur Ranking Dua Paling Rawan Se-Jabar, Ini Aspek Kerawanannya

Pemkab Cianjur mewaspadai kerawanan pemilu Pilkada serentak 2020. Pasalnya Cianjur masuk ranking 17 nasional, 4 pulau Jawa, dan nomor 2 di Jabar

Pilkada Cianjur Ranking Dua Paling Rawan Se-Jabar, Ini Aspek Kerawanannya
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Penyelenggara pemilu Bawaslu dan KPU, melakukan konferensi pers terkait kerawanan pemilu dengan menghadirkan Kesbangpol dan Polres Cianjur sebagai peserta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur mewaspadai kerawanan pemilu Pilkada serentak 2020. Pasalnya Cianjur masuk ranking 17 nasional, 4 pulau Jawa, dan nomor 2 di Jawa Barat dalam indeks kerawanan pemilu.

Komisioner Bawaslu Hadi Dzikrinur, mengatakan indeks kerawanan tersebut disampaikan Bawaslu RI dari colecting data yang memiliki bukti pada pilkada sebelumnya.

"Penyampaian indeks kerawanan ini merupakan bagian dari ikhtiar Bawaslu mengurangi kerawanan pemilu," ujar Hadi di kantor Bawaslu Cianjur Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Jumat (6/3/2020).

23 Maret PDI Perjuangan Akan Umumkan Nama Calon yang Diusung di Pilkada Indramayu, Ini Kandidatnya

Kapolres Sukabumi Sambangi Pesantren, Serukan Pesan Damai Menjelang Pilkada Serentak 2020

Komisioner KPU Cianjur, Hilman Wahyudi mengatakan kerawanan paling tiinggi hasil evaluasi KPU berada di tingkat peserta bukan dari penyelenggara.

"Kami melihat dari kerawanan yang disoroti Bawaslu RI adalah aspek di luar penyelenggara pemilu, dalam praktiknya pertarungan antar pendukung yang menyebabkan kerawanan tinggi," ujar Hilman.

Kabid Kesbangpol Kabupaten Cianjur, Wahyu Nurzaman, mengatakan kerawanan akan muncul ketika informasi tak sampai.

"Pada intinya indeks kerawanan harus ditekan bersama antara forum pimpinan daerah, FKUB, serta semua stakeholder terkait, diskusi dan penyampaian sosialisasi secara besar-besaran sangat positif agar warga mengetahui informasi yang benar," kata Wahyu.

Ini 15 Nama dari Gerindra yang Siap Bertarung dengan Petahana di Pilkada Cianjur 2020

Ade Barkah Gantikan Dedi Mulyadi Pimpin DPD Golkar Jabar, Targetkan Menangi Pilkada di 8 Daerah

Kasat Intel Polres Cianjur AKP Jayudin, mengatakan optimistis indeks kerawanan menjadi cermin dan renungan. Menurutnya hal tersebut adalah sejarah negatif tempo dulu. Pihaknya beranggapan hal tersebut bisa ditekan dengan melakukan diskusi dan analisa.

"Bersama saling mengawasi jangan menunggu orang melakukan pelanggaran, tindakan preventif lebih baik serta meningkatkan kewaspadaan agar masyarakat memiliki kesadaran hukum," katanya.

Jayudin mengajak semua elemen untuk berebrut tanggungjawab mensukseskan pilkada serentak di Cianjur.(fam)

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved