Cegah Longsor di Jalur Gentong, Polisi Tanam Akar Wangi

Mencegah longsor di jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, polisi menanam akar wangi.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto (kanan) bersama Wakapolres, Kompol Riki Aries Setiawan, menanam akar wangi di tebing terjal rawan longsor jalan negara di kawasan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (6/3/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Tebing rawan longsor di jalur Gentong, ruas jalan negara Tasikmalaya-Bandung, di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, ditanami tanaman akar wangi (vetiver), Jumat (6/3/2020).

Tanaman vetiver saat dikenal sebagai tanaman penahan longsor.

Pasalnya, tanaman dari rumpun serai ini memiliki akar yang bisa tembus ke dalam tanah hingga lima meter serta sangat kuat.

"Penanaman akar wangi ini dilakukan sejak sekarang, agar saat memasuki musim mudik dan balik Idulfitri tahun ini sudah tumbuh dan berfungsi sebagai penahan longsor," kata Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto, seusai penanaman.

Menurut Anom, salah satu kendala kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri di kawasan Gentong ini adalah bencana longsor.

Padahal tingkat kepadatan di jalur selatan ini tergolong tinggi.

Kawasan Gentong sepanjang sekitar 10 km, mulai dari Gentong bawah hingga tanjakan Kadipaten banyak menyusuri tebing dan jurang.

Jika terjadi longsor atau kecelakaan, arus lalu-lintas langsung macet.

"Kenapa dipilih akar wangi, karena memiliki sifat mengikat tanah. Panjang akarnya yang menembus ke dalam tanah bisa sampai lima meter dan sangat kuat. Akar wangi ini jiga sudah direkomendasikan sebagai tanaman penahan longsor," ujar Anom.

Selain itu, pada saat memasuki musim mudik dan balik, tebing akan terlihat hijau tidak gersang, sehingga akan menambah kenyamanan pengemudi.

Kegiatan penanaman terpaksa menggunakan tambang untuk berpegangan. Karena kemiringan tebing lebih dari 45 derajat.

KPAID Beri Trauma Healing bagi Anak-anak Korban Longsor Maut di Tasikmalaya

Hj Tien Jadi Terkenal, Gara-gara Mobil Terobos Razia di Tasik, Bukan Mobil Saya, Tapi Nopol Sama

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved