VIDEO Dorong Peran Pesantren Tumbuhkan Pendidikan Bangsa di Era Digital

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkom Indonesia mengajak seluruh siswa Pondok Pesantren Al-mizan untuk menumbuhkan pendidikan bangsa

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto
 
TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA-  Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkom Indonesia mengajak seluruh siswa Pondok Pesantren Al-mizan untuk menumbuhkan pendidikan bangsa di era digital.
 
Sehingga, seluruh produk yang dihasilkan oleh pesantren baik sistem pembelajaran, kreativitas yang dihasilkan dapat dikenal secara global dan mendunia.
Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi
Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi (Tribun Jabar)
Hal ini tertuang dalam kegiatan Pesantren Go Digital yang digelar oleh Telkom Indonesia yang bekerjasama dengan Ponpes Al-Mizan di aula Ponspes, Kamis (5/3/2020).
 
"Tentunya kami ingin membantu produk yang dihasilkan oleh pesantren agar bisa mengglobal dan mendunia. Jadi pasarnya bisa pasar dunia," ujar Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi.
 
Faizal menjelaskan, bahwa pihaknya sengaja memilih Ponpes sebagai langkah awal untuk mengenalkan digital di era modern seperti sekarang ini, dikarenakan pesantren merupakan basis masyarakat yang sangat kuat di Indonesia.
 
Diketahui, ada sekitar 2000 pesantren di Indonesia, oleh karena itu pesantren juga merupakan centra-centra produktif yang seharusnya bisa go digital.
"Pesantren juga bisa mengenalkan, tidak hanya produk yang dihasilkan tapi juga informasi-informasi yang baik. Tidak hanya untuk Indonesia tetapi untuk masyarakat seluruh dunia," ucapnya.
 
Masih dikatakan Faizal, ada beberapa fasilitas yang diberikan pihaknya, salah satunya memberikan laboratorium yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa untuk belajar teknologi masa kini.
 
Sehingga, para siswa penerus bangsa ini bisa melek terhadap era digital yang makin canggih seperti sekarang ini.
 
"Ada laboratorium komputer yang kami berikan dan ada rumah kreatif pesantren. Nanti ada sekitar 50 pesantren yang akan diajak dan diberikan Pesantren Go Digital serupa dengan kegiatan ini," kata Faizal.
Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkom Indonesia mengajak seluruh siswa Pondok Pesantren Al-mizan untuk menumbuhkan pendidikan bangsa di era digital.
Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkom Indonesia mengajak seluruh siswa Pondok Pesantren Al-mizan untuk menumbuhkan pendidikan bangsa di era digital. (Tribun Jabar)
Sementara, Pembina Ponpes Al-mizan, Maman Imanulhaq mengatakan kegiatan ini merupakan terobosan yang mau tidak mau harus disikapi oleh Pemerintah Indonesia.
 
Tujuannya, agar pesantren yang menggunakan digital seperti ini menjadi efektif yang menyebarkan informasi-informasi khususnya keislaman yang ramah, toleransi dan damai.
"Dan sekaligus juga memperkuat nilai kebangsaan. Nah sekaligus juga, perusahaan BUMN ini, pesantren punya skill dan punya kemampuan terutama anak-anak untuk berdakwah secara ekonomi, sehingga dapat menembakan UMKM ala pesantren," jelas Maman yang sekaligus menjadi anggota Komisi VIII DPR RI tersebut
Penulis: Eki Yulianto
Video Production: Wahyudi Utomo
Penulis: Eki Yulianto
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved