Dari 93.090 Pasien Virus Corona di Dunia, Sebanyak 51,443 Pasien Dinyatakan Sembuh

Lebih dari separuh pasien kasus virus corona di dunia sudah dinyatakan sembuh. Walau harus tetap menjaga kesehatan

Pixabay
ilustrasi virus corona 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Lebih dari separuh pasien kasus virus corona di dunia sudah dinyatakan sembuh. Walau harus tetap menjaga kesehatan, masyarakat pun diimbau untuk tidak khawatir dengan wabah virus yang sudah menginfeksi dua orang di Indonesia tersebut.

Wakil Ketua Tim Dokter Infeksi Khusus Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin Bandung, Anggraini Alam, mengatakan dari 93.090 kasus pasien virus corona di dunia, sebanyak 51,443 pasien sudah dinyatakan sembuh. Adapun 2.984 pasien yang meninggal dunia, sekitar 99 persennya adalah pasien yang juga memiliki penyakit selain virus corona.

"Secara global, angka kasus baru virus corona ini turun, termasuk di Cina yang angka barunya di bawah 150. Tapi memang, laporan di negara lainnya, angkanya masih tinggi, seperti di Korea Selatan, Italia, dan Iran," kata Anggraeni dalam seminar online atau webminar di RS Hasan Sadikin, Kamis (5/3/2020).

Pasien yang masih dalam perawatan, katanya, mencapai 39,824 orang. Dari angka tersebut, 33,600 orang atau 83 persennya mengalami gejala ringan. Hanya 17 persen atau 6.883 pasien yang dalam kondisi kritis. Kebanyakan adalah pasien dengan penyakit penyerta dan sudah berusia lanjut.

"Ini penyakit baru, dan ternyata yang namanya infeksi tidak ada lagi batas-batas negara. Kalau dikatakan mengkhawatirkan, tentu. Penyebaran SARS cukup landai, tidak seperti Covid-19," katanya yang merujuk data-data terbaru tersebut dari WHO.

Kata Robert Soal Diizinkannya Bobotoh ke Malang Nonton Langsung Arema FC Vs Persib Bandung

Jika melihat kembali kasus-kasus wabah virus, katanya, masih banyak penyakit yang memiliki angka kematian lebih tinggi daripada Covid-19, yakni Flu Burung yang angka kematiannya mencapai 52,80 persen dan MERS yang mencapai 34,40 persen. Sedangkan Covid-19 hanya 0,02 persen.

"Di Cina, sebanyak 80,9 persen pasien mengalami gejala ringan dan bisa diisolasi di rumah, yang tentunya mempunyai kewajiban melapor kepada dinas kesehatan setempat, walau boleh self isolation," katanya.

Wabah Virus Corona, Festival Musik Hammersonic Ditunda Hingga Tahun Depan, Janjikan Ini

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved