Hand Sanitizer Ternyata Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Begini Cara Mudahnya

Hingga Rabu pagi ini, virus corona telah menginfeksi sebanyak 93.147 pasien dengan kematian berjumlah 3202 orang di 80 negara.

Hand Sanitizer Ternyata Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Begini Cara Mudahnya
THOUGHT CO
Hand sanitizer - Akibat virus corona yang menyebar hingga Indonesia, chand sanitizer sulit untuk ditemukan. Namun, apa salahnya membuat sendiri hand sanitizer? 

TRIBUNJABAR.ID - Virus corona hingga Rabu (4/3/2020) hari ini, semakin menunjukkan perubahannya.

Hingga Rabu pagi ini, virus corona telah menginfeksi sebanyak 93.147 pasien dengan kematian berjumlah 3202 orang di 80 negara.

Selain itu, virus corona juga menunjukkan adanya titik terang, di mana sebanyak 51.765 pasien telah sembuh dari virus bernama Covid-19 ini.

Semua pihak sepakat bahwa untuk menghindari penularan penyakit, termasuk virus corona.

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun dan air, serta menghindari menyentuh wajah.

Namun, jika sedang bepergian atau tidak memiliki akses air bersih dan sabun, hal terbaik berikutnya adalah menggunakan hand sanitizer.

Akan tetapi, di beberapa negara yang terdampak wabah virus corona, hand sanitizer menjadi barang langka karena banyak diborong oleh masyarakat.

Kita tak perlu khawatir jika tidak dapat menemukannya karena kita bisa membuatnya sendiri, dan ini tidaklah sulit.

Sejumlah situs memberikan penjelasan tentang cara mencampur formula hand sanitizer sendiri.

Resepnya mungkin sedikit berbeda, tetapi pada intinya jika ingin membuat pembersih tangan sendiri, kita perlu mengetahui beberapa hal berikut:

1. Agar efektif, pembersih tangan harus memiliki kekuatan setidaknya 60 persen isopropil alkohol.

Namun, karena harus mencampurkan pembersih dengan gel lidah buaya untuk menstabilkan dan melindungi tangan, sebagian besar menyarankan campuran mengandung paling sedikit dua pertiga isopropil, alkohol 99 persen, dan sepertiga gel lidah buaya.

Halaman
12
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved