Hadir di Unisba, Sandiaga Uno Minta Generasi Muda Mampu Manfaatkan Peluang Bonus Demografi 2045

Dalam materinya, politikus yang dikenal Sandiaga Uno menjelaskan, bagaimana peluang dan tantangan generasi milenial menghadapi bonus demografi 2045

Tribun Jabar/Cipta Permana
Pengusaha sekaligus politikus muda Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan pembekalan dan motivasi bagi para mahasiswa dalam kegiatan seminar nasional bertajuk Memaksimalkan Bonus Demografi dan SDM Unggul untuk Laju Ekonomi Bangsa di Aula Unisba, Kota Bandung, Rabu (4/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengusaha sekaligus politikus muda Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi keynote speaker dalam kegiatan seminar nasional bertajuk "Memaksimalkan Bonus Demografi dan SDM Unggul untuk Laju Ekonomi Bangsa" yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung ( Unisba).

Dalam materinya, politikus yang dikenal dengan sapaan Sandiaga Uno ini menjelaskan, bagaimana peluang dan tantangan generasi milenial dalam menghadapi bonus demografi tahun 2045.

Wabah Virus Corona, Ridwan Kamil Imbau Warga Wisata dalam Jabar Saja, Tidak Perlu ke Luar Negeri

Pada era tersebut, perkembangan kemajuan teknologi telah teramplikasikan dalam berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali bidang lapangan pekerjaan.

"Berdasarkan data ILO atau organisasi buruh internasional PBB, populasi angkatan tenaga kerja Indonesia berusia 15-24 tahun saat ini, 15,8 persen di antaranya dalam posisi nganggur atau tidak memilki pekerjaan. Oleh karena itu, bonus demografi harus disikapi bukan lagi mencari lapangan pekerjaan, melainkan menciptakan inovasi untuk membuka lapangan pekerjaan baru," ujarnya di Aula Unisba, Kota Bandung. Rabu (4/3/2020).

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno saat ditemui di media center pasangan Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2019).
Sandiaga Uno di  Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2019). (KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)

Sandiaga Uno menuturkan, dengan kemajuan teknologi digital yang kian berkembang saat ini, memberikan peluang besar untuk generasi milenial untuk menciptakan berbagai inovasi guna mewujudkan lapangan pekerjaan baru.

Maka, kondisi ini harus mampu dimanfaatkan secara maksimal. Terlebih, Rasullah telah menjelaskan 9 dari 10 pintu rezeki Allah berasal dari bidang perniagaan.

Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa dengan terus beragam kemajuan teknologi dan informasi setiap tahunnya, ILO telah memprediksi lebih dari 60 persen pekerjaan tetap di tanah air beresiko akan tergantikan oleh robot atau mesin dengan kempuan artificial intelegent, dan 42 persen diantaranya berpotensi terotomatisasi.

"Peluang bonus demografi ini harus dapat kita maksimalkan sebaik mungkin karena waktu kita hanya tinggal sekitar 10-15 tahun lagi, jangan sampai kita tuir (tua) sebelum tajir (kaya) karena menyianyiakan peluang itu. Maka dari itu mari kita merubah pola pikir, jangan lagi berharap menjadi seorang pekerja tetapi mari kita menjadi seorang enterpreneur dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi," ucapnya.

Masker Tengah Diburu Warga, Apotek di Majalengka Ada yang Kehabisan Stok

Sandiaga Uno pun berharap, institusi pergruan tinggi dapat menyikapi bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia, dengan mencetak dan memperkuat SDM yang mampu membuka peluang kewirausahaan secara mandiri.

Sehingga para generasi muda atau milenial saat ini, khususnya yang mengalami kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan, justru dapat memulai untuk membuka usaha sendiri.

"Mari kita berharap, Unisba dapat menjadi lokomotif penggerak para generasi muda kedepan, yang bukan hanya para mahasiswanya memiliki kompetensi keilmuan dan pemanfaatan teknologi yang baik, tetapi juga memiliki kekuatan iman dan taqwa serta berakhlakul karimah, agar dapat turut berkontribusi dan menjadi bagian dalam program pembangunan Indonesia maju," katanya. (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved