Harga Bawang Bombai di Bandung Kini Gila-gilaan, Naik Lebih dari 200 Persen

Harga bawang bombai di Bandung kini gila-gilaan. Naik lebih dari 200 persen. Di Majalaya dijual Rp 140 ribu per kilogram.

Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Seorang pedagang di Pasar Majalaya, Kabupaten Bandung, Asep Rudiana (42), sedang memilah bawang putih, Selasa (3/3/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebelumnya harga bawang putih sempat mengalami kenaikan yang sangat pesat karena impor dari Cina ditutup setelah ada virus corona yang berasal dari Wuhan.

Kini bawang putih sudah mengalami penurunan harga tapi kini giliran bawang merah dan bawang bombai yang harganya melambung tinggi.

Salah satu pedagang di Pasar Majalaya, Kabupaten Bandung, Asep Rudiana (42), mengatakan, bawang putih sempat di harga Rp 60 ribu di awal ramai munculnya virus corona, tapi sekarang sudah turun lagi menjadi Rp 40 ribu per kilonya.

"Di pasar ini yang saya tahu paling tinggi ketika itu harga bawang putih Rp 60 ribu karena sulit buat kami jika harganya ditingkatkan khawatir pelanggan kabur," ujarnya di sela berdagang, Selasa (3/3/2020).

Asep mengatakan, justru sekarang bawang putih harganya relati relatif stabil seperti itu karena mungkin dipantau juga oleh pemerintah.

"Yang paling mengagetkan justru harga bawang bombai yang kini sangat mahal terakhir saya jual harga Rp 40 ribu sekilo, kini harganya sampai Rp 140 ribu sekilo," kata Asep.

Dengan lonjakan harga yang signifkan seperti itu Asep mengaku, lebih baik tidak menyediakan bawang bombai.

"Sebab saya juga bingung menjualnya, selain itu modal yang dikeluarkan harus banyak sedangkan laba segitu-gitu aja, kalau dinaikkan lagi harga takut pada pergi pelanggan padahal memang di sananya mahal," tuturnya.

Memang, kata Asep, bawang bombai juga merupakan barang yang banyaknya impor dari luar.

Selain bawang bombai, dikatakan Asep, bawang merah pun kini mengalami kenaikan harga.

Halaman
12
Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved