Sudah Gelar Selamatan, Warga Lembang KBB Batal Ibadah Umrah Setelah Penangguhan dari Arab Saudi

Dewi Rosmayanti (35) warga Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) gagal menunaikan ibadah umrah ke Mekkah

Dok. Tribun Jabar
ilustrasi umrah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Dewi Rosmayanti (35) warga Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) gagal menunaikan ibadah umrah ke Mekkah, Arab Saudi.

Hal tersebut menyusul adanya kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang menghentikan visa umrah bagi warga negara Indonesia (WNI) setelah adanya penyebaran wabah virus corona.

Ade Juarasa (60) mengatakan, pihak keluarga sedikit kecewa dengan adanya kebijakan tersebut karena keluarga sudah mengadakan selamatan sebelum anaknya berangkat ke Tanah Suci.

"Kalau keluarga ikhlas, hanya seharusnya penyelenggara umrah atau pihak travel menghubungi kita dulu kalau tidak jadi berangkat," ujar Ade saat ditemui di kediamannya, Jumat (28/2/2020).

Ibadah Umrah Ditangguhkan, Pendaftaran Calon Jemaah Umrah di Indramayu Berkurang Drastis

Ia mengatakan, anaknya itu berangkat ke Semarang, pada Selasa (24/2/2020) karena akan berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Berdasarkan informasi yang diterima pihak keluarga, untuk sementara Dewi dan suaminya akan menunggu di Semarang hingga beberapa hari ke depan, sambil menunggu kejelasan waktu keberangkatan.

"Mereka sudah nginap di hotel Semarang, untuk biaya penginapan, mungkin sudah ditanggung pihak travel," ucapnya.

Terkait hal ini, pihak keluarga baru mengetahui kabar penangguhan sementara keberangkatan ibadah umrah itu dari tayangan berita di televisi setelah pulang mengantarkan mereka ke stasiun kereta api di Bandung.

"Sebelum berangkat enggak ada kabar, tahu-tahu pas nonton televisi, ternyata pemberangkatan ke Mekah distop," kata Ade.

Dewi mengatakan, untuk saat ini dirinya memang sudah berada di Semarang dan masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait keberangkatannya ke Arab Saudi.

"Karena grup kita sudah beres semua, seperti tiket sama visa juga sudah keluar. Kata dari travel mudah-mudahan bisa secepatnya," kata Dewi saat dihubungi melalui pesan singkat.

Ia mengatakan, seharusnya dirinya berangkat ke Arab Saudi pada Sabtu (29/2/2020), namun karena belum ada kejelasan, dirinya akan pulang dulu ke Lembang.

Arab Saudi Tangguhkan Jemaah Umrah Asal Indonesia, Selly: Pemerintah Harus Transparan ke Publik

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved