Visa Umrah Ditangguhkan Sementara

Pesan dari Aa Gym untuk Jemaah yang Terancam Batal Berangkat Ibadah Umrah

Pesan dari Aa Gym untuk jemaah yang terancam batal berangkat ibadah umrah karena penutupan oleh pemerintah Arab Saudi.

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
KH Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym saat ditemui di acara peluncuran MQ Organik di Eco Pesantren Daarut Tauhid di Jalan Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, melalui siaran pers yang diterima, Kamis (29/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekitar 90 jemaah umrah yang terdaftar di MQ Travel terancam batal berangkat ke Tanah Suci, setelah ada larangan sementara dari pemerintah Arab Saudi.

MQ Travel yang dikelola Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym itu, rencananya bakal memberangkatkan 90 jemaahnya pada Maret 2020.

Menyikapi hal itu, Aa Gym mengatakan, jemaah umrah dan masyarakat tidak perlu resah dengan penutupan sementara ke Tanah Suci.

Sebab, kata dia, segala yang terjadi pasti selalu ada hikmah dan tidak akan merugikan bagi siapa pun yang beriman kepada Allah.

"Menyikapi berita tentang umrah ditutup sementara ke Saudi tentu saja hal seperti ini tidak harus membuat kita galau, resah, dan gelisah karena segala sesuatu pasti ada hikmahnya dan tidak merugikan bagi orang yang beriman," ujar Aa Gym, saat dihubungi, Jumat (28/2/2020).

Aa Gym mengatakan, tetap luruskan niat dan ikhtiar dengan sebaik-baiknya.

Karena sesungguhnya, ujar Aa, dalam ayat 216 surat Al-Baqarah sudah jelas disebutkan bahwa, Allah maha mengetahui sehingga terkadang hal yang tidak disukai umatnya justru merupakan yang terbaik.

"Insya Allah, bagi yang sudah berniat umrah sudah diketahui Allah kemudian menyempurnakan ikhtiar. Allah juga sudah tahu yang daftar, yang menyiapkan kesehatan dan ikut manasik, semua dicatat oleh Allah," katanya.

Sekarang, kata Aa, tawakal atau memasrahkan diri kepada Allah, mengikuti ketentuan yang terbaik dari Allah, bukan memaksakan keinginan diri sendiri.

"Oleh karena itu, jangan kecil hati karena kita tidak rugi sama sekali, karena niat sudah, ikhtiar pun sudah," ucapnya.

Aa Gym berharap, jemaah dapat menginjakkan kaki di Tanah Suci pada waktu yang tepat dan dapat diterima segala amalannya.

Dia pun kembali mengingatkan bahwa Allah tidak akan mengecewakan atau merugikan umatnya.

"Terima kasih kepada semua jemaah yang sudah berniat umrah. Allah tidak akan mengecewakan dan tidak akan merugikan, sehalus apapun kebaikan yang diperbuat oleh hambaNya," katanya.

Umrah Dihentikan Sementara, Pengelola Bandara Kertajati: Belum Ada Pembatalan Penerbangan

700 Calon Jemaah Umrah Batal Terbang ke Arab Saudi, Menhub Ajak Agen Perjalanan Cari Solusi

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved