Kronologi Kaburnya Tahanan Kejari Bandung, Serli Herawati Gabung Pengunjung Sidang lalu Menghilang

Serli Herawati dan 16 tahanan lain‎ tiba di PN Bandung. Jaksa kemudian menurunkan para tahanan perempuan dari kendaraan tahanan.

istimewa
Tahanan Kejaksaan Negeri Bandung kabur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Tahanan Kejari Bandung, Serli Herawati, yang dititipkan di Rutan Perempuan Bandung, kabur di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (27/2/2020).

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Bandung, Guntur Wibowo mengatakan kronologi kaburnya Serli Herawati, tersangka Pasal 362 KUH Pidana.

Saat itu, pukul 09.22, Serli Herawati dan 16 tahanan lain‎ tiba di PN Bandung. Jaksa kemudian menurunkan para tahanan perempuan dari kendaraan tahanan.

"‎Kemudian menggiring barisan tahanan tersebut ke dalam pengadilan melalui jalur biasa yang digunakan keluar masuk tahanan, ke arah lorong ruang sidang 5 dan 6," ujar Guntur dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/2/2020).

Saat itu, kata dia, banyak sekali pengunjung pengadilan. Persidangan pada hari Kamis di PN Bandung kerap banyak orang karena sidang perkara tindak pidana umum.

Berbeda dengan sidang tiap Rabu yang relatif sepi karena beragendakan sidang kasus korupsi.

Kejari Bandung Akui ada Tahanan Kabur, Serli Herawati Diminta Menyerahkan Diri

Serli Herawati, Tahanan Kabur Itu Warga Lebak Banten, Dibawa Petugas Pagi Diketahui Kabur Sore Hari

"Kondisi saat itu pengunjung sidang sudah banyak. Ternyata tanpa sepengetahuan pengawal tahanan, saudari Serli Herawati memisahkan diri dan berbaur dengan pengunjung sidang," ujarnya.

Pantauan Tribun yang biasa meliput persidangan, tahanan yang baru tiba akan dimasukkan ke ruang tahanan PN Bandung.

"Saat dimasukkan ke dalam sel tahanan jumlah tahanan terhitung 15 tahanan perempuan dan 2 tahanan anak. Lalu ketika dilakukan cross check antarpetugas pengawal tahanan, diketahui ada kekurangan satu tahanan perempuan," ujarnya.

Mengetahui ada tahanan hilang, petugas tahanan bergerak dan menyisir area pengadilan namun tidak ditemukan saat itu.

"Di saat mencari tahanan tersebut, petugas melaporkan pada pimpinan. ‎Namun karena jumlah pengunjung sidang hari itu cukup banyak, menyulitkan pencarian," ujar dia.

Hingga sore ini, Serli Herawati belum ditemukan. Pihaknya masih mencari dan menelusuri keberadaan Serli, berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung.

"Kami sedang berupaya mencari dan melacak keberadaan Serli Herawati serta berkordinasi dengan instansi terkait. Kami berharap yang bersangkutan segera menyerahkan diri. Apabila ada masyarakat yang mengetahui keberadaan yang bersangkutan agar sesegera mungkin melaporkannya kepada kami atau kepada pihak kepolisian yang terdekat," katanya.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved