Jalan Ambles di Pamarican Ciamis Segera Ditimbun, Darurat untuk Akses Perekonomian

Kadis PU Ciamis, Aef Saefulloh, mengaku sudah mengecek langsung lokasi ruas jalan ambles di Blok Dermaga Desa Sidamulih itu pada Jumat siang.

Jalan Ambles di Pamarican Ciamis Segera Ditimbun, Darurat untuk Akses Perekonomian
Istimewa
Ruas jalan ambles di Blok Dermaga Dusun Malabar Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican menyusul hujan lebat Kamis (27/2/2020) sore. Ruas jalan kabupaten yang ambles sepanjang 20 meter sedalam 1 meter itu membuat akses Pamarican Kabupaten Ciamis dengan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran terputus karena tidak bisa dilewati kendaraan apapun termasuk sepeda motor. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Ruas jalan kabupaten poros PamaricanLangkaplancar yang ambles di Blok Dermaga, Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Ciamis, segera ditimbun sebagai penanggulangan darurat.

Ruas jalan ambles itu sepanjang 31 meter sedalam 1 meter akibat guyuran hujan lebat pada Kamis (27/2/2020) sore.

“Senin (2/3/2020), kami akan menurunkan tim teknis untuk pematangan tanah. Ruas jalan ambles kalau memungkinkan ditimbun sebagai penanggulangan darurat. Minimal bisa dilewati kendaran roda empat, agar akses ekonomi kembali berjalan,” ujar Kadis PU Ciamis, Aef Saefulloh SSos MSi kepada Tribun Jumat (28/2/2020).

Aef mengaku sudah mengecek langsung lokasi ruas jalan ambles di Blok Dermaga Desa Sidamulih itu pada Jumat siang.

“Setelah diukur tadi, ruas jalan ambles sepanjang 31 sementara kedalamannya bervariasi. Yang amblesnya sedalam 1 meter ada sepanjang 9 meter, selebihnya kedalamannya sekitar 50 cm sampai 80 cm,” katanya.

Ruas jalan ambles masih bisa dilewati pejalan kaki, bahkan sepeda motor masih bisa lewat tapi pengendara harus hati-hati. “Sementara mobil sama sekali memang tidak bisa lewat, dialihkan ke jalur lain,” ujar Aef.

Jalan Ambles, Akses Pamarican Ciamis-Langkaplancar Pangandaran Putus, Pasir Negara Bisa Terisolasi

Jalan Ambles di Cileunyi Kabupaten Bandung Akibat Curah Hujan yang Tinggi

Ruas jalan yang ambles tersebut katanya merupakan jalur jalan utama yang menghubungkan Pamarican Kabupaten Ciamis dengan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran.

Jalan itu merupakan akses perekonomian kedua kecamatan yang berbatasan tersebut. Kontur jalan cukup labil, di bawahnya terdapat gorong-gorong dan bronjong.

“Tahun 2017 pernah kejadian serupa di ruas jalan yang sama. Rencana hari Senin (2/3), kalau memungkinkan secara teknis, ruas jalan yang ambles ditimbun, dimatangkan agar bisa dilewati mobil agar akses ekonomi tidak terlalu lama terganggu,” katanya.

Penanggulangan jangka panjangnya, ruas jalan yang ambles tersebut akan dibeton bagian tebingnya yang kini sudah terpasang kawat beronjong.

Sebenarnya jalur jalan PamaricanLangkaplancar di wilayah Desa Sidamulih tersebut, menurut Aef, sudah masuk ruas jalan yang diprogramkan diperbaiki dan ditingkatkan pada tahun anggaran (TA) 2020 ini sepanjang 9 km.

Sementara itu, menurut informasi yang diterima Tribun, hujan yang hamper setiap sore mengguyur Ciamis beberapa hari terakhir juga memicu amblesnya ruas jalan  desa di Dusun Buniasih Desa Muktisari Kecamatan Cipaku.

Ruas jalan desa yang menghubungkan Desa Muktisari-Desa Jalatrang Cipaku tersebut ambles sepanjang 30 meter sedalam 1 meter. Lokasi jalan yang ambles sekitar 500 meter dari  jalan raya Ciamis-Cirebon.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved