Tak Penuhi Syarat, 21 Kecamatan Terpaksa Buka Ulang Pendaftaran Panwaslu Desa

Puluhan kecamatan di Cianjur terpaksa memperpanjang masa pendaftaran panwaslu kelurahan desa karena dari 700 lebih pendaftar kebanyakan tak memenuhi p

Tak Penuhi Syarat, 21 Kecamatan Terpaksa Buka Ulang Pendaftaran Panwaslu Desa
Tribun Jabar/Ferri AM
Ketua Bawaslu Cianjur Usep Agus Zawari didampingi Humas Bawaslu Cianjur Asep Tandang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Puluhan kecamatan di Cianjur terpaksa memperpanjang masa pendaftaran panwaslu kelurahan desa karena dari 700 lebih pendaftar kebanyakan tak memenuhi persyaratan.

Ada 108 desa di 21 kecamatan tersebar di Cianjur yang terpaksa memperpanjang pendaftaran. Mayoritas Kecamatan Mande dan Karangtengah.

Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Agus Zawari, mengatakan jika tak memenuhi dua kali kebutuhan di pendaftaran pertama dan kedua, maka anggota panwas desa yang kosong akan memperpanjang pendaftaran pada 27 Februari sampai dengan 4 Maret.

"Solusinya jika tak terpenuhi ada perpanjangan masa pendaftaran, akan dimulai selama seminggu," ujar Usep di kantor Bawaslu Cianjur, Jalan KH Abdulah Bin Nuh No 9, Rabu (26/2/2020).

Cerita Pemuda di Salatiga Lumpuh, Sempat Buat Channel Youtube untuk Hidup Tapi Berhenti

Diberitakan sebelumnya, Humas Bawaslu Cianjur, Asep Tandang, mengatakan Bawaslu Cianjur melalui Panwascam membuka kesempatan bagi 360 warga untuk menjadi Panwaslu Kelurahan/Desa yang akan bertugas di pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2020.

"Dalam rangka pembentukan Panwaslu kelurahan/desa dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cianjur berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019, bahwa Bawaslu membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kelurahan /Desa," ujar Asep Tandang di kantor Bawaslu Cianjur Jalan KH Abdulah Bin Nuh No 19, Selasa (11/2/2020).

Asep mengatakan, pembukaan pendaftaran dimulai Minggu (16/2/2020) sampai dengan Jumat (22/2/2020) di masing-masing sekretariat panwascam.

"Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945," katanya.

Calon panwas kelurahan dan desa mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil.

"Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu," katanya.

Di lingkungan KPU, Ketua Divisi SDM KPU Cianjur, Rustiman, mengatakan bahwa tahapan bahwa penerimaan berkas pendaftaran PPS dimulai 18 sampai dengan 24 Februari 2020.

Jika masih belum memenuhi kuota dua kali jumlah kebutuhan, maka waktu pendaftaran diperpanjang selama tiga hari mulai tanggal 25 sampai dengan 27 Februari 2020.

Menjelang Pilkada Karawang 2020, Disdukcapil Genjot Perekaman dan Pencetakan KTP-el

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved