Peternak di Tambaksari Ciamis Mulai Resah, 17 Ekor Domba Raib dari Kandang

Di Dusun Nanggela, Desa Sukasari, Kecamatan Tambaksari, 17 ekor domba raib digondol pencuri dua hari terakhir.

Peternak di Tambaksari Ciamis Mulai Resah, 17 Ekor Domba Raib dari Kandang
Tribun Jabar/Seli Andina
Ilustrasi domba 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Peternak domba di Tambaksari Ciamis mulai resah menyusul kasus pencurian domba yang terjadi dua hari terakhir.

Di Dusun Nanggela, Desa Sukasari, Kecamatan Tambaksari, 17 ekor domba raib digondol pencuri  dua hari terakhir.

Pada Senin (24/2/2020), 11 ekor domba milik Harjono (78) raib dari kandang yang berlokasi hanya sekitar 30 meter dari rumah korban di Dusun Nenggela, RT 08/03,  Desa Sukasari.

Kasus pencurian tersebut diduga terjadi dinihari dan baru diketahui Senin (24/2/2020) pagi sekitar pukul 08.00. Kerugian sekitar Rp 20 juta.

Esok harinya, Selasa (25/2/2020) giliran 6 ekor domba milik Wawa (40) digasak maling dari kandang yang berada sekira 10 meter dari sisi jalan.

Warga Dusun Nanggela RT 03/01, Desa Sukasari, itu pun mengalami kerusian sekitar Rp 9 juta.

“Domba-domba yang menjadi incaran maling biasanya domba yang kandang berlokasi agak jauh dari rumah, tempat agak sepi tapi tidak jauh dari sisi jalan,” ujar Kikim (45), koordinator Kelompok Peternak  Rumah “Dokas” (Domba Kambing Sapi) Tambaksari kepada Tribun Rabu (26/2/2020).

Kawanan Anjing Hutan di Gununghalu Balik Serang Manusia saat Akan Ditangkap, Sudah Mangsa 30an Domba

150 Warga Tasikmalaya Bisa Kelola 5.000 Domba karena Program LTW yang Diresmikan Global Wakaf-ACT

Kikim juga pernah mengalami nasib serupa. Kandang dombanya yang berlokasi di Dusun Linggajaya, Desa Mekarsari Tambaksari, pernah digasak maling.

Tujuh ekor domba raib, sementara satu ekor ditinggal di kandang dalam kondisi leher sudah tersembelih dan sudah mati.

“Kejadiannya sudah agak lama, tapi sampai sekarang bagi saya masih misteri, kenapa satu ekor domba ditinggal begitu saja dalam kondisi leher sudah disembelih. Lokasi kandang memang agak jauh dari rumah warga tapi tidak begitu jauh dari sisi jalan. Kejadian diperkirakan dinihari sekitar pukul 02.00 sampai pukul 03.00, oleh kawanan pencuri yang menggunakan mobil,” jelasnya.

Muncul kembali kasus pencurian domba beberapa hari terakhir seperti yang terjadi di Desa Sukasari, Kikim berharap para peternak di Tambaksari lebih waspada.

Kasatreskrim Polres Ciamis AKP Risqi Akbar kepada wartawan Rabu (26/2) pencurian ternak domba yang menimpa warga Dusun Nanggeladalam dua hari terakhir diduga dilakukan oleh kawanan pelaku dengan menggunakan mobil.

Sekitar lokasi kejadian ditemukan jejak mobil. Pelaku masuk kandang dengan slot pintu kayu. “Kasus ini masih dalam penyelidikan kami,” ujar Kasatreskrim Polres Ciamis, AKP Risqi Akbar.

AKP Risqi Akbar mengimbau warga untuk lebih waspada dan berhati-hati serta mengunci kandang ternak dengan kunci yang lebih kuat.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved