Menjelang Pilkada Karawang 2020, Disdukcapil Genjot Perekaman dan Pencetakan KTP-el

Kabupaten Karawang menjadi salah satu wilayah yang bakal menyelenggarakan pesta demokrasi

TRIBUN JABAR/AHMAD IMAM BAEHAQI
ilustrasi sejumlah warga saat menunggu proses pencetakan KTP-el 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Kabupaten Karawang menjadi salah satu wilayah yang bakal menyelenggarakan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat.

Sejumlah persiapan pun terus dilakukan oleh pemerintah daerah Karawang, salahsatunya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melalui pembuatan kartu tanda penduduk.

Kepala Disdukcapil Karawang, Yudi Yudiawan mengatakan menjelang pelaksanaan Pilkada Karawang yang tinggal beberapa bulan ini pihaknya terus melakukan perekaman dan percetakan KTP elektronik.

"Sejak Desember 2019 hingga sekarang sudah mencapai 94 persen pencetakan KTP. Kami juga sekarang sedang meminta blanko ke Kemendagri," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar, Rabu (26/2/2020).

Karawang Dilanda Banjir, 9.770 Warga Mengungsi, Kerugian Ditaksir Sampai Rp 179 Juta

Disdukcapil Karawang diakui Yudi masih membutuhkan blanko KTP sebanyak 60 ribu. Akan tetapi, jika sampai nanti pelaksanaan pilkada belum tercetak e-KTP, Yudi menyebut pihaknya bakal mengeluarkan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti dari KTP untuk mencoblos.

"Suket bisa digunakan sesuai aturan dari komisi pemilihan umum (KPU). Tapi insya allah blanko bisa terpenuhi Kemendagri," ujarnya.

Ketika disinggung terkait pemilih pemula dalam Pilkada Karawang 2020 ini, Yudi memprediksi hingga pelaksanaannya nanti akan terus terjadi penambahan usia warganya.

"Kami lagi lakukan perekaman ke pemula juga seperti ke anak SMA dan Aliyah. Kemarin kami sudah rekam ke beberapa sekolah dan telah didistribukan pula," ujarnya.

Ada Bahaya Mengintai di Balik Kebiasaan Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved