Lulusan UT Diharapkan Dapat Turut Serta Dalam Proses Pembangunan di Jawa Barat

Universitas Terbuka (UT) Bandung menggelar upacara penyerahan ijazah Periode I Tahun 2020

Istimewa
Wisuda Universitas Terbuka Bandung 

TRIBUNJABAR.ID - BANDUNG - Universitas Terbuka (UT) Bandung menggelar upacara penyerahan ijazah Periode I Tahun 2020, kepada 779 lulusan program pendidikan strata satu (sarjana) di Gedung Balai Sartika Convention Hall, Kota Bandung. Rabu (26/2/2020)

Para lulusan berasal dari berbagai program studi yang meliputi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Prosesi penyerahan ijazah para wisudawan UT - Bandung tahun 2020, turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka, Ir. Adi Winata MSi bersama Sekertaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Drs. H. Wahyu Mijaya, SH MSi, dan Direktur UPBJJ UT Bandung, Drs. Enceng MSi.

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menghadiri wisuda UT
Direktur UPBJJ UT Bandung, Drs. Enceng MSi., Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka, Ir. Adi Winata MSi. (Istimewa)

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapreasi dan berterima kasih kepada UT yang telah turut membantu mencerdaskan pendidikan masyarakat Jawa Barat.

"Masyarakat Jabar telah terbantu keilmuan dan pendidikannya dengan hadirnya UT ini. Apalagi UT ini memberikan keleluasaan kepada para mahasiswannya untuk dapat berkiprah di bidang-bidang aktivitas yang lain, tanpa memberikan batasan ruang, untuk tetap mengikuti penyelenggaraan pendidikan perkuliahan yang digelar secara daring," ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya UT merupakan perguruan tinggi modern dan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk memperoleh legalitas formal dalam bidang pendidikan. Selain itu, lanjutnya, pada kondisi saat ini kesuksesan seseorang tidak hanya diukur pada capaian nilai akademiknya saja, melainkan ada hal-hal lain seperti, memanfaatkan kesempatan pada momentum tertentu.

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka, Ir. Adi Winata MSi bersama Sekertaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Drs. H. Wahyu Mijaya, SH MSi, dan Direktur UPBJJ UT Bandung, Drs. Enceng MSi.
Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka, Ir. Adi Winata MSi bersama Sekertaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Drs. H. Wahyu Mijaya, SH MSi, dan Direktur UPBJJ UT Bandung, Drs. Enceng MSi. (Istimewa)

Termasuk dalam hal pengakuan kemampuan dan keilmuan yang dimiliki dari institusi maupun negara, harus dibuktikan dengan kepemilikan ijazah pendidikan.

"Yang namanya kesempatan tidak datang dua kali atau silih berganti. Sekalipun mereka pintar, mereka mahir, kalau tidak memiliki legalitas sebuah ijazah, maka tidak diakui oleh lembaga atau negara. Maka UT memberikan hal semacam itu (legalitas ijazah), dan menjadikan perguruan tinggi yang di butuhkan masyarakat," ucapnya.

Uu pun berharap para lulusan UT nantinya dapat turut serta dalam proses pembangunan di Jawa Barat, dengan mendukung berbagai program pemerintah, melalui kemampuan di bidangnya masing-masing, khususnya di bidang teknologi informasi.

Terlebih menurutnya, tantangan zaman di era disrupsi saat ini yaitu, kualitas sumber daya manusia yang memiliki inovasi atau menjadi inovator yang mampu memberikan motivasi bagi masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved