VIDEO Pameran dan Lelang Lukisan, Hasilnya untuk Penghijauan Alam dan Bantuan Korban Bencana Alam

Pameran dan lelang lukisan diselenggarakan oleh Polda Jabar bersama Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) di Gedung Bhayangkara Jl Cicendo, Kota Bandung

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik
 
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pameran dan lelang lukisan diselenggarakan oleh Polda Jabar bersama Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) di Gedung Bhayangkara Jl Cicendo, Kota Bandung, Senin (24/2/2020) malam.
 
Ada hal yang menarik, satu lukisan yang berjudul "Sinergitas TNI Polri hadir di tengah masyarakat". Pada lukisan berlatar belakang warna biru, seorang Polisi dan TNI menggendong anak sekolah menyebrangi sungai, di bagian belakangnya terlihat seorang pria berjalan memundak barang.
 
Seorang pengusaha asal Karawang memenangkan lelang lukisan tersebut dan dihibahkan kepada Kapolda Jabar. Alasannya, Ia sangat mengapresiasi kinerja TNI dan Polri.
 
Pada acara tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi merasa sangat bangga atas terlaksananya acara tersebut. 
 
Saat membuka acara tersebut, Kapolda Jabar dan Istri berkesempatan untuk menggoreskan warna di atas kanvas polos berwarna putih, dua goresan yang berbeda warna tersebut kemudian dilanjutkan dilukis oleh seorang pelukis yang hasil akhirnya bergambar menyerupai kuda.
 
Ada sekitar delapan lukisan terbaik yang dilelang secara terbuka. Hasil lelang lukisan nantinya akan didonasikan kepada korban bencana alam di Jawa Barat dan untuk program penghijauan.
 
Pameran dan lelang lukisan tersebut akan berlangsung hingga tanggal 29 Februari 2020. Berdasarkan data yang tertera di samping setiap lukisan, harga termurah lukisan yang dilelang ialah senilai Rp 5 juta. 
 
Sejumlah pengusaha yang ada di Jawa Barat turut hadir dan melelang lukisan tersebut hingga puluhan juta rupiah. Lukisan pertama yang laku dilelang ialah lukisan yang berbahan baku bubuk kopi yang objeknya sepasang pria dan wanita Lansia. 
 
Lukisan tersebut dilelang dan dimenangkan oleh seorang pengusaha senilai Rp 99 juta. Kapolda Jabar bercerita tentang kegiatan yang sama pernah dilakukan oleh Polda Lampung yang hasil lelang lukisan mencapai Rp 2,4 miliar. 
"Semoga hasil di Jabar bisa bagus, untuk Kapolres-Kapolres datang kesini bukan untuk melihat, tapi beli juga. Kalau Kapolres membeli lukisan, saya tidak akan marah. Saya sudah berencana akan melakukan pameran lukisan yang bertempat di Halaman Gedung Sate, sudah jarang kita menyaksikan lukisan-lukisan bagus seperti ini. Ini karya anak bangsa, semoga bermanfaat bagi kita dan masyarakat Jawa Barat," katanya.
 
Kapolda sangat mengapresiasi para pelukis, dalam sambutannya Ia sempat melontarkan candaan. Ia mengatakan bahwa jika seorang pelukis mungkin dalam satu tahun bisa menghasilkan dua atau lebih lukisan, sementara kalau dirinya sendiri kemungkinan dalam lima tahun hanya satu lukisan yang bisa dilakukan, dan itupun belum tentu selesai.
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Video Production: Wahyudi Utomo
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved