Pengusaha Konfeksi Tas Ciheulang, Usaha Sambil Ibadah, Kasih Garansi Sampai Kiamat

MENJADI pengusaha konfeksi tas tidak hanya melulu urusan bisnis. Jalaludin menyadari ada unsur ibadah yang harus dilakukan agar perjalanan bisnisnya b

Pengusaha Konfeksi Tas Ciheulang, Usaha Sambil Ibadah, Kasih Garansi Sampai Kiamat
TRIBUN JABAR/JANUAR P HAMEL
Perajin Tas Ciheulang Ciparay, Ciparay, Kabupaten Bandung. 

MENJADI pengusaha konfeksi tas tidak hanya melulu urusan bisnis. Jalaludin menyadari ada unsur ibadah yang harus dilakukan agar perjalanan bisnisnya berkah. Ia mengaku kalau dihitung-hitung pendapatannya lebih kecil dari penjahit. Padahal dia yang mendapatkan pesanan, berbelanja, dan membuat pola.

"Dari satu tas saya biasa mengambil Rp 2.000, sebaliknya penjahit bisa memperoleh Rp 5.000. Saya mengambil keuntungan sedikit. Yang penting pekerja bisa bekerja, kalau ada lebih buat saya alhamdulillah," katanya.

Jalal tidak menghitung nilainya, tapi nilai ibadahnya. Ia merasa harus mengikuti ustaznya yang mengatakan jangan mengambil untung gede yang penting pekerja senang.

"Mereka kan punya istri dan anak. Mereka minta pekerjaan ke saya. Sama saya dikasih, gimana gembiranya mereka, dia, istrinya, dan anaknya," kata Jalal.

Ajat lain lagi. Ia memberikan garansi tasnya seumur hidup. Kapan pun tas yang dibeli darinya rusak, konsumen bisa mengklaim untuk memperbaikinya. Tidak terbatas waktu.

"Rusak ritsleting, kainnya rusak karena tikus atau yang lainnya. Mau kapan, satu tahun, dua tahun, silakan datang. Garansi sampai kiamat," kata Ajat.

Jalaludin, Perajin Tas Ciheulang
Jalaludin, Perajin Tas Ciheulang (TRIBUN JABAR/JANUAR P Hamel)

Garansi Ajat itu bukan isapan jempol. Ia benar-benar terapkan kepada produk buatanya. Dia pun tidak merasa rugi karema yang dikejarnya bukan untung dan rugi tapi nilai ibadah.

"Kan kalau seseorang berbuat baik, efeknya kebaikan, yakin saja," katanya. (januar ph)

Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved