Banjir di Sukaresik Tasikmalaya Sudah Surut, Warga Pun Sibuk Bersihkan Rumah

Banjir yang menggenangi empat kampung di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya

Banjir di Sukaresik Tasikmalaya Sudah Surut, Warga Pun Sibuk Bersihkan Rumah
Tribun Jabar/Firman Suryaman
Kompleks pemakaman Desa Tanjungsari di Kampung Hegarsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (23/2/2020), ikut terendam banjir. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Banjir yang menggenangi empat kampung di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, mulai surut, Senin (24/2/2020). Warga sejak Minggu (23/2/2020) sudah mulai beres-beres rumah.

"Pagi ini sudah tidak ada genangan. Warga mulai membersihkan rumah serta merapikan kembali perabotan rumah tangga," kata PLT Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedin.

Ia menyebutkan, sebenarnya sejak Minggu (23/2/2020) sore sudah ada warga yang mulai membereskan rumahnya, karena air sudah surut dan tak lagi menggenangi rumah. Terutama di Kampung Bojongwaru.

Seperti diketahui banjir melanda Kampung Bojongsoban, Mekarsari, Hegarsari dan Bojongwaru, Desa Tanjungsari, Minggu (23/2) dini hari, menyusul meluapnya Sungai Citanduy dan Cikidang yang mengapit keempat kampung itu.

Robbent Jadi Ikon Baru Bentani Hotel Cirebon, Disimpan di Lobby untuk Menyapa Pengunjung

Hingga Minggu siang genangan masih terjadi dengan ketinggian air di dalam rumah sekitar 10-15 cm. Terutama di daerah rendah seperti di Kampung Bojongsoban.

"Banjir di empat kampung ini merupakan banjir rutin, setiap curah hujan tinggi di sekitar hulu Sungai Citanduy dan Cikidang. Sementara keemot kampung tersebut juga berada di dataran rendah," kata Nuraedin.

Walau sudah surut, lanjut Nuraedin, pihaknya tetap waspada karena menurut BMKG curah hujan tinggi disore hari hingga malam masih akan terjadi di wilayah Tasikmalaya.

"Untungnya hari ini suasana sudah normal kembali. Anak-anak bisa pergi ke sekolah seperti biasa," ujar Nuraedin. Ketika banjir datang, anak-anak biasanya diangkut menggunakan mobil patroli Polsek Sukaresik serta BPBD, karena jalan menuju sekolah tertutup banjir. 

BREAKING NEWS: Asap Mengepul dari Gedung DPR RI, Mobil Pemadam Kebakaran Sudah Tiba

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved