Persib Bandung

Akan Jadi Markas Persib Bandung di Liga 1 2020, Stadion GBLA Dikaji Ulang Kelayakannya

Hal itu seiring dengan upaya Pemkot Bandung yang mendorong agar Stadion GBLA bisa digunakan untuk menggelar pertandingan Persib Bandung.

Akan Jadi Markas Persib Bandung di Liga 1 2020, Stadion GBLA Dikaji Ulang Kelayakannya
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Penampakan Stadion GBLA dari atas saat bebersih Stadion GBLA, Sabtu (20/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Tata Ruang (Distaru), mengajukan pengkajian Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), agar dapat digunakan sebagai markas Persib Bandung di Liga 1 2020.

Pengajuan kajian tersebut disampaikan langsung ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Puskim) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Hari ini dari Distaru sudah ke Puskim. Jadi tadi kami menyampaikan langsung surat permintaan untuk pengkajian Stadion GBLA," ujar Agus Hidayat, Sekretaris Distaru, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (24/2/2020).

Dikatakan Agus, Stadion GBLA sebetulnya telah mengantongi Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pada 2015. Dalam SLF tersebut, kata Agus, dinyatakan bahwa stadion tersebut layak digunakan dalam jangka waktu 10 tahun.

"Kami masih punya catatan yang dahulu, kalau dari 2015 itu berarti sampai 2025. Itu bisa dipakai," katanya.

Lusa, Persib Bandung Bakal Punya Kapten Baru untuk Liga 1 2020, Berikut 2 Kandidat Utama

Robert Alberts Sudah Kantongi 18 Pemain Laga Persib Bandung vs Persela Lamongan, Ini Gambarannya

Agus mengaku hanya ingin memastikan perihal kelayakan Stadion GBLA. Hal itu seiring dengan upaya Pemkot Bandung yang mendorong agar Stadion GBLA bisa digunakan untuk menggelar pertandingan Persib Bandung.

"Jadi kami ingin dilakukan cek lagi kelayakan bangunan itu sendiri, apakah memungkinkan atau tidak. Kan waktu itu juga mereka menyampaikan 10 tahun, kalaupun sekarang ada itu berarti harus ada hasil kajian lagi," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar serta Kasatgas anti mafia bola menggelar diskusi soal pengamanan Stadion GBLA di Hotel El-Royal, Jalan Merdeka, Jumat (212/2/2020).

Dalam diskusi itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya mengaku siap mengamankan pertandingan Persib Bandung bila nantinya digelar di Stadion GBLA.

"Tadi sudah dipaparkan, pengamanan siap. Menyangkut pengamanan sendiri tidak masalah dan siap. Mudah-mudahan (home base di Stadion GBLA)," ujar Ulung.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved