Nagawiru Cup 2020, Pengcab FOPI Gelar Kejuaran Petanque Pertama di Ciamis

Olahraga tradisional para ningrat Perancis, petanque yang berkembang di benau Eropa awal abad ke-20 kini sudah mulai dikenal di Ciamis.

Tribun Jabar/Andri M Dani
Kejuaraan lempar bola besi ( petanque) Naga Wiru Cup I yang berlangsung di lapangan petanque Sekretariat KONI Ciamis Sabtu-Minggu (22-23/2) merupakan kejuaran petanque pertama yang pernah diadakan di Ciamis. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Olahraga tradisional para ningrat Perancis yang berkembang di benau Eropa awal abad ke-20 (tepatnya tahun 1907) kini sudah mulai dikenal di Ciamis.

Sosialisasi olahraga petanque (baca: petang) tersebut sudah berlangsung sejak lima bulan lalu baik ke sekolah-sekolah maupun umum.

Cabor petanque pun sudah berdiri di Ciamis yakni Pengcab FOPI (Federasi Olahraga Petanque Indonesia) Ciamis termasuk munculnya sejumlah klub petanque atau lempar bola besi tersebut.

Kejuaraan Petanque Haornas Digelar di STKIP Pasundan Cimahi

Bahkan selama dua hari, Sabtu-Minggu (22-23/2) digelar kejuaraan petanque di lapangan petanque Sekretariat KONI Ciamis Jl Drs Soejoed Komplek Perkantoran Kertasari. Turnamen petanque yang berjuluk double open “Naga Wiru Cup” 2020 tersebut merupakan kejuaraan petanque pertama di Ciamis.

“Ini merupakan kejuaran petanque pertama yang diselenggarakan di Ciamis. Ada 50 klub yang ikut. Peserta kejuaraan tidak hanya dari sekolah tapi juga dari kalangan umum,” ujar Dian Soleh Gojin, Ketua Klub Petanque “Naga Wiru” yang juga ketua panitia kepada Tribun Minggu (23/2).

Kejuaraan double  open “Naga Wiru Cup” ini kata Gojin merupakan bagian dari memperkenalkan dan sosialisasi olahraga petanque sekaligus mencari bibit potensi  atlet petanque untuk Porda 2022 nanti.

Klub petanque yang ikut serta pada kejuaraan lempar bola besi (petanque) berpasangan tersebut tidak hanya berasal dari berbagai sekolah di Ciamis tetapi juga umum, termasuk camat dan pejabat. Bahkan Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM pun sempat menjajal lempar bola besi (bosi) di lapangan petanque KONI Ciamis, Minggu (23/2/2020).

Populerkan Olahraga Petanque, FOPI Jabar Akan Roadshow Keliling Sekolah

Dari kejuaran yang berlangsung selama dua hari tersebut keluar sebagai juara I pasangan  Reza dan Ii dari SMA Informatika Ciamis, juara II pasangan Ari dan Komar dari Klub Galuh Sejati dan juara III pasangan Ade Maulana dan Yudi dari MAN 2 Ciamis (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved