Persib Bandung

Umuh Muchtar Optimistis Stadion GBLA Jadi Markas Persib Bandung, Kadispora Pastikan Aman

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, optimistis Stadion GBLA dapat digunakan sebagai home base Persib pada kompetisi Liga 1 2020.

Umuh Muchtar Optimistis Stadion GBLA Jadi Markas Persib Bandung, Kadispora Pastikan Aman
Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, setelah mengadakan pertemuan dengan manajemen, pelatih dan pemain di Graha Persib, Jalan Sulanjana No 17, Senin (23/12/2019). 

TRIBUNJABAR.ID- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkot Bandung, Eddy Marwoto, memastikan konstruksi Stadion GBLA aman untuk digunakan.

Hal itu dia ungkapkan di hadapan Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya.

Eddy mengatakan, Dispora Kota Bandung sudah menyurati Puslitbangkim Kementerian PUPR di Cileunyi, Kabupaten Bandung, soal konstruksi Stadion GBLA untuk mendapat surat layak fungsi atau SLF.

"Surat itu terkait SLF berkala untuk meyakinkan bahwa Stadion GBLA aman secara struktur. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan hadir para ahlinya untuk mengecek lalu surat layak fungsinya keluar dan kami serahkan ke Polrestabes Bandung. Surat itu menjadi dasar bagi polisi untuk bisa mengizinkan Stadion GBLA bisa dipakai. Nanti saat pengecekan, dengan hormat mengundang Pak Kapolrestabes Bandung," ujar Eddy di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Bandung, Jumat (21/2/2020).

Ia menjelaskan, sebenarnya Kementerian PUPR sudah menyatakan bahwa konstruksi Stadion GBLA aman secara struktur lewat surat yang keluar pada 2015, ditandatangani langsung oleh Menteri PUPR.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari)

"Surat menyebutkan bahwa sampai 10 tahun struktur Stadion GBLA aman, tidak ada masalah. Sekarang 2020, baru lima tahun. Waktu Pak Menteri PUPR datang ke Bandung juga sudah menyatakan aman," ucap Eddy.

Victor Igbonefo Ingin Persib Bandung Bermarkas di Stadion GBLA daripada Si Jalak Harupat

Lawan Persikabo, Persib Bandung Main Lambat & Membosankan, Robert Salahkan Rumput Stadion GBLA

Stadion GBLA tak lagi digunakan untuk laga-laga Persib di Liga 1 setelah ditemukan adanya retakan di salah satu bagian stadion. Menurut hasil kajian ahli, kata Eddy, retakan itu tidak terkait langsung dengan stuktur utama Stadion GBLA.

"Retakan itu tidak berkorelasi dengan struktur utama Stadion GBLA. Untuk mengatasinya, nanti dari PT Adhi Karya akan memperbaiki," ucapnya.

Kapolrestabes Bandung mengatakan, secara pribadi, mendukung Stadion GBLA digunakan sebagai kandang Persib Bandung.

Hanya memang, kalaupun perlu ada keterangan ahli, ia mendukung Dispora Kota Bandung untuk menindaklanjutinya.

"Kalaupun nanti setelah ada hasil kajian ternyata strukturnya tidak masalah, ayo kita nonton Persib di Stadion GBLA. Saya mendukung full. Untuk pengamanan, kami siap," kata Ulung.

Timnas Indonesia Kalah 1-4 dari Persita Tangerang, Ini Komentar Shin Tae-yong

Jadwal Liga Inggris, Big Match, Chelsea vs Tottenham Hotspur, Leicester City vs Manchester City

Di tempat yang sama, Wali Kota Bandung, Oded M Danial, mengatakan, sekalipun PUPR telah menerbitkan SLF untuk Stadion GBLA, Pemkot Bandung akan kembali memperbaharui SLF tersebut. "Ini untuk meyakinkan kita semua," ujarnya.

Oded mengaku tenang karena kepolisian juga berkomitmen siap bekerja sama untuk menjaga keamanan saat Stadion GBLA menggelar pertandingan. "Alhamdulillah, kita semua sudah membahas dan ada kesepakatan,” katanya.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, optimistis Stadion GBLA dapat digunakan sebagai home base Persib pada kompetisi Liga 1 2020.

"PT PBB pun sangat antusias kalau Stadion GBLA bisa dijadikan home base. Masyarakat Bandung dan Jawa Barat tidak akan pusing," ujar Umuh Muchtar di tempat yang sama. (mega nugraha/tiah sm/nazmi abdurrahman)

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved