Mahasiswi Cantik Asal Ukraina Ini Fasih Berbahasa Indonesia

Saya suka nasi goreng dan sate ayam. Itu makanan favorit. Tapi kebanyakan makanan di sini pedas

Mahasiswi Cantik Asal Ukraina Ini Fasih Berbahasa Indonesia
Tribun Jabar/Agung Yulianto
Julia Khodetska 

SELAMA lima bulan di Bandung, Julia Khodetska hampir setiap hari naik angkot untuk bepergian.

Mahasiswi asal Kiev, Ukraina, yang mengikuti program Darmasiswa di Telkom University (Tel- U) selama 10 bulan ini sudah dikenal sopir angkut yang menuju kampusnya.

"Saya suka ke Braga dan ke mal di Jalan Pasirkaliki. Setiap hari saya naik angkot berdua dengan teman yang juga dari Kiev. Sopir angkot jurusan ke kampus sudah hapal kalau saya pulang ke Tel-U," ujar mahasiswi berusia 19 tahun ini saat berbincang bersama Tribun Jabar di Tel-U, belum lama ini.

Selain ke Braga dan Pasirkaliki, Julia sering belanja kebutuhan sehari-hari di minimarket. Apalagi hampir setiap hari dia harus memasak bersama temannya.

"Saya suka nasi goreng dan sate ayam. Itu makanan favorit. Tapi kebanyakan makanan di sini pedas, makanya saya sering memasak sendiri," kata Julia yang fasih berbahasa Indonesia ini.

Julia di Bandung khusus belajar tentang Indonesia. Dia masih tercatat sebagai mahasiswa semester empat Universitas Taras Shevchenko National di Kiev dengan jurusan Bahasa Indonesia.

Dia mengaku sangat tertarik dengan Indonesia. Sebelum kuliah, anak pertama dari dua bersaudara ini mencari tahu tentang Indonesia lewat Youtube dan berbagai literasi.

Kedua orang tuanya sebenarnya menyarankan Julia agar memilih belajar bahasa Inggris saja karena lebih mudah.

"Tapi sekarang kedua orang tua sangat bangga karena saya sudah belajar dan bisa berbahasa Indonesia," kata pemilik rambut lurus sepunggung ini.

Selain bahasa Indonesia, Julia juga mengaku sudah bisa berbahasa Jepang, Inggris, dan Rusia.

Pilihannya berbahasa Indonesia juga karena peluang bekerja di Ukraina dengan gaji yang menjanjikan.

"Indonesia di Ukraina cukup populer. Kalau bisa bahasa Indonesia di sana, gajinya besar," ucap Julia.

Selama belajar di Bandung, Julia tidak menyia-nyiakan waktu untuk mengunjungi sejumlah tempat, seperti di Lembang dan Ciwidey.

Bahkan, dia juga sudah mengunjungi Yogyakarta, Jakarta, dan Bali.

"Saya suka di Indonesia. Apalagi orangnya ramah-ramah. Kalau bisa, malah saya pilih tinggal lebih lama lagi di Bandung," katanya seraya tersenyum. (agung yulianto wibowo)

Penulis: Agung Yulianto Wibowo
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved