Tips Merawat Ban Sepeda Motor

Ban merupakan bagian penting dari komponen sepeda motor yang berfungsi untuk menyerap goncangan dari permukaan jalan

Istimewa
Cek keausan ban sepeda motor via Tread Wear Indicator (TWI) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Ban merupakan bagian penting dari komponen sepeda motor yang berfungsi untuk menyerap goncangan dari permukaan jalan, sehingga sepeda motor nyaman untuk dikendarai.

Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan dan memilih ukuran ban yang baik dan benar.

PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda berbagi tips bagaimana cara merawat ban sepeda motor.

DAM Tawarkan Program Penjualan Honda PCX dan Honda ADV150

Ban sepeda motor terbagi ke dalam 2 (dua) jenis, yakni Tube Tire dan Tubeless.

Tube tire adalah ban yang masih menggunakan ban dalam, kelebihannya ban ini bisa digunakan pada berbagai macam jenis velg baik Cast Wheel (CW) atau Spoke Wheel (CW).

Sedangkan Tubeless adalah jenis ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam.

“Ban Tubeless memiliki keunggulan lebih awet, tahan bocor dan daya cengkram yang lebih baik,” buka Ade Rohman selaku Asisten Manajer Technical Service DAM.

Seorang mekanik sepeda motor Honda sedang melakukan pengecekan tekanan angin ban pada motor konsumen yang sedang melakukan service rutin.
Seorang mekanik sepeda motor Honda sedang melakukan pengecekan tekanan angin ban pada motor konsumen yang sedang melakukan service rutin. (Istimewa)

Saat ini banyak terdapat model kembang ban dan ukuran ban mulai dari 12 inch, 14 inch, 17 inch, 20 inch, hingga 21 inch.

“Jangan sampai menggunakan ban bagian depan digunakan di belakang dan sebaliknya karena akan berpengaruh terhadap handling atau kenyamanan juga keamanan atau keselamatan pada saat berkendara,” ujar Ade.

Disarankan agar ban sepeda motor tidak cepat aus dan rusak maka perlu memperhatikan beberapa poin.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved