Tepi Tol Cipularang Sempat Longsor Lagi, 1 Pekerja Kaget & Lompat dari Skskavator, Perbaikan Sebulan

Longsor susulan di sisi di samping Tol Cipularang terjadi saat sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan di bawah tebing sekitar pukul 11.15

Tepi Tol Cipularang Sempat Longsor Lagi, 1 Pekerja Kaget & Lompat dari Skskavator, Perbaikan Sebulan
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kondisi lereng Tol Cipularang yang longsor. 

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH- Lereng di samping Tol Cipularang KM 118+600 arah Jakarta kembali longsor, Rabu (19/2/2020).

Longsor susulan di sisi di samping Tol Cipularang terjadi saat sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan di bawah tebing sekitar pukul 11.15. Tak ada korban jiwa, tapi seorang pekerja ekskavator terluka.

Longsor susulan membuat terpal biru yang digunakan untuk menutupi bekas longsoran sebelumnya ikut tergerus. Material longsoran menggunung di dasar tebing.

Rahmat (50), seorang pekerja, mengatakan, rekannya, Krisyanto, terluka karena melompat dalam keadaan kaget dari ekskavator yang tengah dioperasikannya.

Kris, kata Rahmat, kaget melihat material tanah berguguran dari puncak tebing. "Ia lalu loncat dari ekskavator," ujar Rahmat di lokasi kejadian.

Beruntung, kata Rahmat, rekannya tidak terluka parah. "Kakinya terkilir karena saat loncat kakinya kena batu. Sudah diobati dan diberi minum biar tenang," kata Rahmat.

VIDEO-Kakorlantas Polri: Rekayasa Lalu Lintas di KM 118 Tol Cipularang Diberlakukan Situasional

Bina Marga Ungkap Penyebab Lereng Tol Cipularang Kerap Terjadi Longsor Susulan Dalam Skala Kecil

General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Pratomo Bimawan Putra, mengatakan, urukan tanah yang bergerak dari lereng Tol Cipularang, Rabu siang, hanyalah butiran tanah yang basah yang turun ke areal persawahan.

"Itu secara teknis bukan longsor. Itu hanya butiran tanah yang basah, turun atau jatuh gitu lah," ujarnya saat ditemui di lokasi longsor, kemarin.

Perbaikan di bawah lereng di samping Tol Cipularang KM 118+600 dilakukan menyusul longsor di kawasan tersebut pada Selasa (11/2) malam sekitar pukul 21.00.

Longsor di tepi Tol Cipularang di Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, itu membuat seorang warga luka ringan. Selain itu, enam rumah warga rusak berat, satu di antaranya rata dengan tanah.

Halaman
123
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved