Forum Sunda Sadunya

Kali Ini Tokoh Sunda Bentuk Forum Sunda Sadunya, Pemimpinnya Dua Jenderal Purnawirawan

Sejumlah tokoh Sunda membentuk Forum Sunda Sadunya di obyek wisata Batu Mahpar, Desa Linggawangi,

Kali Ini Tokoh Sunda Bentuk Forum Sunda Sadunya, Pemimpinnya Dua Jenderal Purnawirawan
tribunjabar/firman suryaman
Pembina FSS, Marsda (Purn) Dede Rusamsi, didampingi Ketua FSS, Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan, dan seniman Sunda, Uly Sigar Rusadi, membacakan deklarasi FSS di obyek wisata Batu Mahpar, Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (20/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Sejumlah tokoh Sunda membentuk Forum Sunda Sadunya di obyek wisata Batu Mahpar, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (20/2/2020).

"Forum ini dibentuk sebagai ajang silaturahmi orang Sunda tidak hanya yang tersebar di tanah air tapi mancanegara," kata Pembina Forum Sunda Sadunya, Marsda (Purn) Dede Rusamsi, seusai acara.

Melalui forum ini, segala potensi budaya Sunda akan dibangkitkan sebagai salah satu kekayaan bangsa. Tidak hanya berbicara di tingkat nasional tapi juga mancanegara.

"Selain itu, forum ini juga diharapkan bisa sebagai pengikat emosional untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, pasca munculnya kerajaan fiktif seperti Sunda Empire," kata Dede.

Anak Mantan Kapolri Daftar Jadi Bakal Calon Bupati Indramayu ke PDIP

Di tempat sama, Ketua Forum Silaturahmi Sunda Sadunya, Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan, menegaskan, forum juga kan berperan aktif menjaga nama baik Sunda. Termasuk mengantisipasi munculnya lagi kerajaan-kerajaan fiktif di masa mendatang.

"Munculnya kerajaan fiktif ini sedikitnya telah merusak tatanan Sunda.

Salah satunya adalah runutan sejarah. Hal seperti itu harus diluruskan. Nama baik Sunda harus terjaga," ujar Anton.

Anton menambahkan, acara akbar tersebut dihadiri para tokoh Sunda tak hanya yang tinggal di Jabar tapi juga tanah air. Bahkan ada orang Sunda yang berdomisili di luar negeri sengaja hadir. Seniman Sunda yang juga penyanyi balada, Uly Sigar Rusadi, juga tampak hadir.

WNA Asal Belanda Itu Kaget Saat Didatangi Petugas PT KAI Daop 3 Cirebon, Ternyata Dapat Ini

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved