Festival Durian Kalijaya Digelar Lima Hari, Harga Duren Lokal Naik Berlipat-lipat

Tahun 2020 ini merupakan tahun ketiga kalinya berlangsung festival durian di Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar Ciamis.

Festival Durian Kalijaya Digelar Lima Hari, Harga Duren Lokal Naik Berlipat-lipat
Tribun Jabar/Andri M Dani
Untuk ketiga kalinya Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar Ciamis menggelar Festival Durian yang berlangsung di lapangan Desa Kalijaya dari Rabu (19/2/2020) sampai Minggu (23/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Tahun 2020 ini merupakan tahun ketiga kalinya berlangsung festival durian di Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar Ciamis.

Festival yang menampilkan durian-durian local Kalijaya seperti si roti, si kebrek, kecil legit, si unyil, si nangka, si landak tersebut tersebut berlangsung di lapangan Desa Kalijaya sejak Rabu (19/2) sampai Minggu (23/2).

Festival Durian Kalijaya 2020 dibuka langsung oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM Rabu (19/2) siang yang didampingi Ketua DPRD  Ciamis H Nanang Permana SH, Camat Banjaranyar H Dedi Iwa serta Kades Kalijaya Josep Kurniawan.

Pedagang di Agrowisata Durian Majalengka Marema, Omzet Sehari Rp 15 Juta, Ini Jenis yang Paling Laku

Sadi, pedagang durian asal Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.
Sadi, pedagang durian asal Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

Bupati Herdiat secara simbolis membuka festival dengan membuka durian di atas panggung dan kemudian mencicipinya. Bupati Herdiat pun kemudian berkeliling ke stand-stand festival mencicipi berbagai jenis durian local khas Kalijaya tersebut.  

“Luar biasa, mantap. Cepel, pulen dan raos,” komentar Bupati Herdiat tentang cita rasa durian local khas Kalijaya yang sudah dicicipinya tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya, Festival Durian Kalijaya yang digelar rutin setiap tahun tiap musim durian tersebut diharapkan memberi peluang ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalijaya dan sekitar.

“Festival ini merupakan promosi untuk pengembangan produk-produk local. Di Kalijaya ini potensi unggulnya ternyata tidak hanya durian tetapi juga ada kopi dan manggis,” ujar Bupati Herdiat yang berharap suatu saat bisa digelar festival durian tingkat Kabupaten Ciamis mengingat Ciamis punya potensi durian lokal, tidak hanya di Kalijaya tetapi juga di Rancah, Benteng dan lainnya.

Suatu saat kata Bupati Herdiat, durian dari Kalijaya dan berbagai durian local Ciamis bisa menyebar ke berbagai pasar di Jawa Barat bahkan nasional. Tidak seperti sekarang, banyak durian dari Sumatera seperti durian Lampung dan Bengkulu masuk pasar Jabar termasuk ke Ciamis.

Menurut Kades Kalijaya, Josep Kurniawan, di Desa Kalijaya tiap rumah pasti memiliki pohon durian.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved