Enam Ribu Orang Ikuti Parade Bandung Rumah Bersama, Tunjukan Bandung Kota Toleran

enam ribu orang dari berbagai komunitas, seni, budaya dan agama turut partisipasi menjadi peserta parade Bandung Rumah Bersama

Enam Ribu Orang Ikuti Parade Bandung Rumah Bersama, Tunjukan Bandung Kota Toleran
tribunjabar/tiah sm
Parade Bandung Rumah Bersama 2 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sedikitnya enam ribu orang dari berbagai komunitas, seni, budaya dan agama turut partisipasi menjadi peserta parade Bandung Rumah Bersama di sepanjang Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (15/2/2020)

Selama parade, masing-masing komunitas menampilkan kebolehan di antaranya kaum muslim menampilkan pencak silat, warga Budha menampilkan tarian Bali dipadu tarian Jaipongan, ada juga warga umat Hindu membagi-bagikan buah dan nasi dus ke warga yang hadir.

Parade menutup jalan selama 12 jam itu mulai dari Jalan Tamblong hingga Asia Afrika itu diawali history walk.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Suherman mengatakan parade dihadiri perwakilan dari 7 negara di antaranya Jepang, Amerika Selatan, Korea, Norwegia, Swiss, Malaysia, dan India.

Total 18 Orang Keracunan, 2 Masih Dirawat dan 1 Diobservasi di RSUD Sumedang

"Setiap individu memiliki pemikiran yang berbeda, kepentingan yang berbeda dan takdir yang berbeda. Acara ini realitas sebuah perdamaian yang nyata, kami merasa nyaman dibalut keindahan tanpa permusuhan," ujar Suherman.

Masih kata Suherman, kerukunan hidup adalah hidup rukun dan bertoleransi bukan berarti ajaran agama yang satu dan yang lainnya dicampur adukkan.

"Masalah akidah masalah masing masing, di antara umat agama bisa menghormati keyakinan masing masing tidak saling mengganggu. Bandung rumah bersama didalamnya terdapat berbagai etnis, agama sehingga dalam keberanekaan kita yang satu keluarga menjadi Bandung sebagai rumah bersama," tuturnya.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, Bandung mengukuhkan persatuan.

Mencicipi Aneka Sajian Warung Kopi Manis Cirebon, Suasana Asri di Hamparan Sawah Menghijau

"Kota Bandung miniatur indonesia, seluruh agama, suku hadir di Kota Bandung dan semangat persatuan Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika mari wujudkan untuk makin merapatkan barisan untuk meraih Bandung juara," ujar Tedy.

Wali Kota Bandung Oded M Daniel mengaku bahagia acara parade Bandung Rumah Bersama tadi pagi berlangsung sukses.

"Ini ide dari orang Bandung yang ingin disampaikan pada dunia bahwa Kota Bandung merupakan rumah bersama semua komunitas, agama, dan suku bangsa. Semua orang Bandung itu harus merasa memiliki Bandung," ujar Oded usai acara di Pendopo, Sabtu (15/2/2020).

Oded berharap kerukunan beragama, seni budaya akan terus berkembang di Kota Bandung.

"Ahamdulilah 6 ribu lebih bahkan ada perwakilan tujuh negara setelah kami viralkan melalui sosmed ternyata ada respon positif dari 7 negara meskipun perwakilannya. Ini menunjukan bahwa ternyata manusia ini fitrahnya adalah cinta perdamaian karena 7 negara pun mau datang ke Bandung," ujar Oded.

Penulis: Tiah SM
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved