Besok 9 Warga Jabar yang Dikarantina di Natuna Dipulangkan, Prosesnya oleh Pemerintah Kabupaten Kota

Besok, sembilan warga Jabar yang dikarantina di Natuna akan dipulangkan. Proses pemulangan dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota.

Besok 9 Warga Jabar yang Dikarantina di Natuna Dipulangkan, Prosesnya oleh Pemerintah Kabupaten Kota
KOMPAS.COM/HADI MAULANA
Beberapa hari menjelang berakhirnya proses observasi dan karantina yang dilakukan di hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) terhadap 238 WNI dari Wuhan, China dan 47 tim penjemput. 700 personil yang tergabung dalam misi kemanusiaan ini, yakni Komando Tugas Gabungan Terpadu Operasi Kemanusiaan Natuna (Kogasgabpad) dikunjungi Panglima TNI dan Kapolri, Kamis (13/2/2020) kemarin. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak sembilan warga Jawa Barat dan satu WNA akan dipulangkan ke rumah mereka dan tempat kerjanya di Jawa Barat, Sabtu (15/2/2020).

Pemulangan ini dilakukan setelah mereka menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna, terkait penyebaran virus corona Covid-19 di tempat asalnya.

Mereka sebelumnya dipulangkan dari Cina.

“Rencananya pemulangan 9 orang WNI dan 1 WNA ke Jawa Barat akan dilakukan besok,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani Gelung Sakti, melalui ponsel, Jumat (14/2/2020).

Menurut Berli, rencananya pemulangan warga Jabar dan satu WNA ke tempat kerjanya tersebut dilakukan pada Sabtu (15/2/2020) dari Hanggar TNI AU di Natuna menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

“Sesampainya di Halim, Menteri Kesehatan menyerahkan WNI ke pemerintah daerah (kabupaten dan kota) masing-masing,” katanya.

Setelah serah terima tersebut, nantinya kepulangan WNI asal Jabar sudah menjadi kewenangan pemerintah kabupaten dan kota untuk mendampingi sampai ke kediaman masing-masing.

“Tapi saya juga belum tahu asal masing-masing daerah WNI dari Jabar itu,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan pemantauan kepada sembilan warga Jawa Barat yang akan mengakhiri masa observasi setelah pulang dari Cina, selama 14 hari di Pulau Natuna.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, mengatakan secara garis besar pihaknya masih menunggu informasi terakhir dari pemerintah pusat terkait dengan jadwal pemulangan warga Jabar dari Natuna tersebut. 

"Informasi awal, bukan pendampingan, tetapi pemantauan. Pembicaraan teknis juga belum. Masih menunggu kepastian pemulangan," ucap Dodo melalui ponsel, Kamis (13/2/2020).

Proses observasi ini dilakukan terhadap total 238 WNI dari Wuhan, Cina. Semua WNI akan dipulangkan dari Hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, termasuk 47 orang kru penjemput. Sehingga total yang dipulangkan 285 orang. 

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan pemerintah, masa observasi berlangsung sejak kedatangan mereka di Natuna sampai 14 hari. Mereka dipulangkan karena merebaknya corona virus atau Covid-19 di Wuhan.

Update Jumlah Korban Meninggal Akibat Virus Corona Mencapai 1.491 Orang, 1 Orang dari Jepang

9 Warga Jabar Ikut Dipulangkan, Ratusan WNI Negatif Virus Corona, Diterbangkan ke Halim Besok Siang

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved