Berkendara Sambil Utak-atik Ponsel Bisa Dipenjara, Bagaimana untuk Melihat GPS?

Kasatlantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama, mengungkapkan mengemudikan kendaraan sambil menggunakan handphone sangat tidak diperkenankan

Berkendara Sambil Utak-atik Ponsel Bisa Dipenjara, Bagaimana untuk Melihat GPS?
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Kasatlantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama di Jalan Gading Tutuka, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (14/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Mengemudikan kendaraan bermotor sambil menggunakan handphone bisa berujung masuk penjara selama tiga bulan.

Kasatlantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama, mengungkapkan, pada dasarnya mengemudikan kendaraan sambil menggunakan handphone sangat tidak diperkenankan.

"Di pasal 106 ayat 1 UU Lalulintas Angkutan Jalan no 22 tahun 2009, sudah dijelaskan bahwa mengemudikan kendaraan itu harus dalam keadaan yang wajar dan konsentrasi yang penuh,' ujar Hasby Ristama di Jalan Gading Tutuka, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (14/2/2020).

Ia pun mengatakan sanksinya jelas tertera pada pasal 283, yakni hukuman pidana selama 3 bulan dan denda sebesar Rp 750 ribu.

"Itu dijelaskan bahwa hal-hal yang menggangu konsentrasi berkendara atau mengemudi dengan tidak wajar, tentunya akan dlakukan penindakan tilang," kata Hasby Ristama.

Viral Imam Masjid di Makassar Tak Pakai Helm Saat Berkendara, Dihukum Mengaji oleh Polisi

Tips Merawat Motor Vespa Matic Ketika Musim Hujan, Jangan Lupa Hindari Genangan Air Saat Berkendara

Bagaimana dengan pengemudi yang menggunakan GPS di handphone? Menurut Hasby Ristama, memakai handphone untuk melihat GPS pada dasarnya tidak masalah.

Masalahnya, kata Hasby Ristama, adalah pada saat berkendara memakai GPS dengan handphone di tangannya dan menjadi tidak berkonsentrasi penuh.

"Hal tersebut tentu mengurangi konsentrasi dan bisa menimbulkan kecelakaan," ujarnya.

Hasby mengimbau, apabila menggunakan GPS di handphone ingin merubah sistem atau arahnya, lebih baik berhenti dahulu, baru melanjutkan perjalannya.

Halaman
12
Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved