9 Warga Jabar Ikut Dipulangkan, Ratusan WNI Negatif Virus Corona, Diterbangkan ke Halim Besok Siang

WNI yang dievakuasi dari Wuhan akibat merebaknya virus corona dikarantina selama hampir dua pekan di Hanggar Lanud Raden Sajad, Natuna

9 Warga Jabar Ikut Dipulangkan, Ratusan WNI Negatif Virus Corona, Diterbangkan ke Halim Besok Siang
screenshot video dari Kemenkes RI
238 WNI dari 285 orang yang diobservasi dan karantina di Hangar Lanud Raden Sadjad Ranai Kabupaten Natuna Prov. Kepulauan Riau (Kepri) mengaku senang dan sangat berterimakasih. Pasalnya meski saat ini ruang gerak mereka terbatas karena harus menjalani proses karantina selama 14 hari kedepan, namun fasilitas hingga kebersihan lingkungan disekitar lokasi karantina tetap selalu terjaga, Senin (10/2/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, NATUNA- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendampingi sembilan warga Jabar yang selama hampir dua pekan ini ikut dikarantina bersama 228 WNI di Kabupaten Nantuna, Kepulauan Riau.

Rencananya, setelah dinyatakan bebas dari virus corona, mereka dipulangkan setelah masa karantina berakhir, Sabtu (15/2/2020).

Bersama mereka dalam pesawat akan turut serta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

"Pemulangan ratusan WNI dari Hanggar Lanud Natuna telah siap, dan sudah kami matangkan. Mereka akan kami terbangkan pada hari Sabtu, lusa," ujar Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, saat jumpa pers di Posko Kogasgabpad Operasi Kemanusiaan, Lanud Raden Sajad, Ranai, Natuna, Kamis (13/2/2020).

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, Sabtu nanti, ratusan WNI ini diberangkatkan sekitar pukul 13.00 dengan menggunakan empat pesawat TNI menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Meski demikian, ujarnya, tak tertutup kemungkinan jadwalnya berubah. "Kalau nanti ada dinamika atau perkembangan, tentu nanti dari kantor PMK akan menyampaikan lebih lanjut," kata Doni Monardo di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, kemarin.

Tak Ada Dokter Ahli, Mahasiswa yang Diduga Terinfeksi Virus Corona di Maluku Ditangani Dokter Umum

Warga China Positif Terjangkit Virus Corona Setelah dari Bali, Kemenkes Duga Infeksi di Shanghai

Doni mengatakan, ke-237 WNI dan seorang WNA asal Wuhan, Cina, yang selama hampir dua pekan ini dikarantina di Natuna dalam keadaan sehat.

Dari Natuna mereka akan diterbangkan menuju Lanud Halim, sebelum pulang ke kampung halaman masing-masing.

Dihubungi melalui telepon, kemarin, Kepala Dinas Sosial Jawa Barat, Dodo Suhendar, mengaku masih menunggu informasi terakhir dari pemerintah pusat mengenai jadwal pemulangan warga Jabar dari Natuna.

"Informasi awal, bukan pendampingan, tetapi pemantauan. Kami belum melakukan pembicaraan teknis. Masih menunggu kepastian pemulangan," kata Dodo.

Halaman
123
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved