WNA Asal China yang Mau Perpanjang Izin Tinggal Tidak Perlu Melakukan Sidik Jari dan Biometri

Kepala Kantor Imigrasi Bandung, Uray Avian mengatakan ada dua proses tahapan yang dilewati bagi Warga Negara Asing

WNA Asal China yang Mau Perpanjang Izin Tinggal Tidak Perlu Melakukan Sidik Jari dan Biometri
Kolase Tribun Jabar
Ilustrasi: Persebaran virus corona. (Foto: medscape.com/gisanddata.maps.arcgis.com) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Kantor Imigrasi Bandung, Uray Avian mengatakan ada dua proses tahapan yang dilewati bagi Warga Negara Asing (WNA) asal China yang ingin memperpanjang izin tinggal di Kota Bandung. 

Dua tahapan itu, kata Uray, yakni pemeriksaan sidik jari dan biometri. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kontak langsung dengan WNA China. 

"Ada dua proses yang dihilangkan yakni pengambilan sidik jari sama biometriknya dihilangkan karena menghindari kontak langsung kan," ujar Uray Avian, saat dihubungi, Kamis (13/2/2020). 

Penghapusan dua tahapan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi, meski hingga saat ini belum ada WNA China di Bandung yang dinyatakan terkena virus Corona. Sebab, Corona sendiri merupakan virus yang dapat menular, salah satunya lewat kontak fisik. 

Mobil Dinas Pemprov Jabar Sudah Setahun Lebih Diparkir di Mal, Sewa Parkir ke Pengelola Mal

Uray mengatakan, untuk mengajukan perpanjangan izin tinggal khusus ini, sponsor atau WNA China tinggal datang langsung kantor Imigrasi Bandung. 

 "Dia cukup datang ke kami, nanti kami perpanjang (izin tinggalnya)," katanya. 

Pemberian izin tinggal khusus ini diberlakukan sejak penerbangan dari dan ke China ditutup sementara, berkaitan wabah virus Corona. Sejauh ini, sudah ada sekitar 50 WNA China yang mengajukan perpanjangan izin tinggal. 

Kabar Terbaru Siswa Dibully hingga Jari Diamputasi, Pelakunya Sudah Jadi Tersangka, Kepsek Dipecat

Uray menambahkan, pemberian izin tinggal ini dilakukan berkaitan wabah virus Corona. Menurut dia, biasanya pemberian izin tinggal hanya diberikan sebanyak tiga kali. 

"Seharusnya ketentuannya cuma tiga kali bisa diperpanjang, tapi karena ada kejadian Corona ini, akhirnya yang seharusnya dia pulang ada perpanjangan khusus untuk mereka ini," ucapnya.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved