Sidang Penggelapan Uang di Perusahaan Distributor Kecap di Bandung Hadirkan Saksi Auditor

Sidang penggelapan uang di perusahaan distributor kecap di Bandung menghadirkan saksi auditor.

Sidang Penggelapan Uang di Perusahaan Distributor Kecap di Bandung Hadirkan Saksi Auditor
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Sidang lanjutan dugaan korupsi di lingkungan perusahaan atau penggelapan dengan kejahatan jabatan di CV Citra Rasa, distributor kecap kembali digelar di PN Bandung, Kamis (13/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sidang lanjutan dugaan korupsi di lingkungan perusahaan atau penggelapan dengan kejahatan jabatan di CV Citra Rasa, distributor kecap kembali digelar di PN Bandung, Kamis (13/2/2020).

Kali ini‎ sidang dengan kerugian Rp 1,2 miliar milik CV Citra Rasa dan terdakwa Tjiu Hui Khun ini menghadirkan saksi Ronal Haryanto, auditor kantor akuntan publik yang ditugasi perusahaan untuk melakukan audit keuangan.

Di hadapan Majelis Hakim yang dipimpin Suko Harsono, Ronal menjelaskan proses audit yang dilakukannya. Ia mengaku mengaudit pembukuan kas keuangan perusahaan untuk 2017-2018.

"Saya melakukan audit keuangan ini atas permintaan dari pemilik perusahaan," kata Ronal.

Ia melaksanakan audit di perusahaan beralamat di Ujungberung ‎itu selama dua minggu. Dalam pemeriksaan keuangan itu, ia menemukan adanya perbedaan antara laporan keuangan di buku bank dengan buku kas yang selama ini dikerjakan oleh terdakwa.

"Ada perbedaan, ada selisih sekitar Rp 1,2 miliar. Perbandingan dilihat dari apa yang ada di buku bank dan buku kas perusahaan," ucap dia.

Kali ini, penasihat hukum terdakwa sempat mempertanyakan hasil audit yang dilakukan saksi Ronal. Mereka berpendapat, saksi Ronal melakukan audit tanpa menempuh SOP yang berlaku.

"Apakah saksi sempat mewawancara pihak terkait laporan keuangan itu? Seperti misalkan mewawancara atau mengkroscek ke terdakwa?" tanyanya.

Ronal meyakini hasil audit yang dilakukannya valid. Hanya saja, penasihat hukum terdakwa maupun terdakwa sendiri tidak sepakat.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved